Sembako Balikpapan Masih Stabil
Sembako Balikpapan Masih Stabil
1 July 2014
Uang Perjalanan Dinas Balikpapan Dipangkas
Uang Perjalanan Dinas Balikpapan Dipangkas
1 July 2014

Amankan Arus Mudik, Sopir Bus Tes Urine

Amankan Arus Mudik, Sopir Bus Tes Urine

Tes urine sopirNewsBalikpapan –
Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur akan melakukan tes urine pada para sopir bus antar provinsi trans Kalimantan. Tes urine itu untuk memastikan sopir tidak menggunakan narkoba sehingga keselamatan penumpang arus mudik terjamin.

“Kita akan bekerjasama dengan Badan Narkotika nasional (BNN) Balikpapan, kita akan lakukan tes urin, Rencananya, tes urine akan dilakukan pada H-7 saat arus mudik lebaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Suseno, Selasa (1/7).

Selain tes urine, juga akan dilakukan tes kesehatan bagi sopir dan penumpang yang dilakukan secara mobile di Bandara Sepinggan, Pelabuhan Semayang, Pelabuhan Penyeberangan Feri dan terminal-terminal keberangkatan.

“Tes kesehatan itu kita bekerjasama dengan Jasa Raharja, untuk memastikan kondisi penumpang yang akan mudik dalam keadaan yang sehat, termasuk sopir angkutan lebaran. Jadi nanti ada petugas yang mobile yang akan melayani,” ujarnya.

Disamping itu kata Suseso, pihaknya juga akan memeriksa setiap kendaraan maupun bus angkutan lebaran untuk memastikan kendaraan dalam keadaan layak untuk melakukan perjalanan jauh.

Balikpapan, menurut Suseno menjadi sentra arus mudik pintu gerbang Kalimantan. Kota ini memiliki Bandara Sepinggan yang merupakan sarana transportasi udara terbesar di Kalimantan.

“Balikpapan itu untuk angkutan lebaran sebagai titik pantauan dari 12 dari provinsi yang ada di Indonesia , Jadi Balikpapan di pantau oleh Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Berkaitan dengan persiapan arus mudik kata Suseso, pihaknya sudah berrkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk persiapan arus mudik.

“Kita sudah berkoordinasi dengan instansi terkait baik jajaran perhubungan darat, laut maupun udara,” ujarnya.

Ratusan personil pun diterjunkan, untuk mengamankan dan memastikan arus mudik berjalan baik dan lancar. Dinas Perhubungan Balikpapan menerjunkan 136 personil yang didukung petugas TNI dan Polri Kalimanan Timur.

Beberapa Posko juga akan dibangun untuk memantau arus mudik dan melayani penumpang yang akan mudik, diantaranya di Pelabuhan Semayang, bandara Sepinggan, Penyeberangan Feri, Jalan Soekarno Hatta dan Mulawarman .
Terkait armada angkutan yang dipersiapkan kata Suseno, khusus bus untuk antar provinsi di siapkan sebanyak 59 unit dan antar kota sebanyak 79 unit.

“Termasuk Balikpapan – Handil, Balikpapan – Sepaku Semoi, dan Balikpapan – Bontang,” ujarnya.

1 Comment

  1. […] asal Bandung ini hanya tersenyum lebar diajak bercanda Menteri Jonan. Pemudik ini mengakui barang bawannya memang cukup banyak yang seluruhnya adalah oleh oleh untuk orang tua […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *