AXIS Mengalami Kenaikan Trafik Signifikan Selama 2011
3 January 2012
Balikpapan Akan Pinjam Dana Ketiga
3 January 2012

2012 Investasi Balikpapan Mencapai Rp6 triliun

 Balikpapan – Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menargetkan investasi meningkat 20% dari tahun lalu yakni mencapai Rp5,7 triliun. Tahun ini investasi di Kota Balikpapan diperkirakan mencapai Rp6 triliun. “Kami sangat optimis bisa mencapai target itu dalam investasi tahun ini,” kata Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Balikpapan Asranuddinsyah, Selasa (3/1).

Menurutnya, investasi terbesar masih didominasi sektor propoerti dan kontruksi yang menyumbang 40% dari jumlah investasi. Sedangkan sektor tranportasi dan pendukung pertambangan masih memiliki nilai sumbangan yang hampir rata.

Salah satu inveatasi yang menjadi target Pemkot Balikpapan tahun ini yakni pengembangan Kawasan Industri Kariangau (KIK) akan dijadikan rujukan utama dalam menarik investor untuk masuk ke Balikpapan. 

“Saat ini, sudah ada 15 perusahaan yang beroperasi di kawasan tersebut meskipun kondisi infrastrukturnya sedang dalam proses pengerjaan,” terangnya.

Dijelaskannya, pembangunan infrastruktur KIK diperkirakan selesai paling lambat pada akhir kuartal ketiga 2012. “Infrastruktur KIK selesai, tentu secara tidak langsung investor akan melirik Balikpapan dan menanamkan modalnya, sesuai target kita,” imbuhnya.

Satu lagi yang menjadi target investasi Pemkot Balikpapan yakni rencana pembangunan coastal road . Februari tahun ini akan dibentuk Badan Pengelola yang akan mengkoordinir kegiatan reklamasi pantai diatas laut yang akan dijadikan lokasi proyek tersebut.

“Sudah ada 14 investor yang tertarik, tapi masih akan dilakukan kajian tekhnis pembangunan yang akan menjadi panduan bagi investor untuk berinvestasi masih akan diperbarui pada 2012,” tuturnya.

Tahun 2004 lalu sebenarnya Pemkot Balikpapan sudah pernah melakukan kajian teknis pembangunan coastal road yang yang akan menghubungkan Pelabuhan Semayang dan Bandara Sepinggan dan diperkirakan akan menelan biaya mencapai Rp3,5 triliun.

 

 

 

 

  

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *