Tellkomsel 4GNewsBalikpapan –
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menargetkan peningkatan jumlah pelanggan data di Kalimantan pada tahun 2016 ini. Perusahaan seluler nomor satu ini ingin menyeimbangkan total keseluruhan pengguna jaringannya yang sekarang tercatat sebanyak 14.700.000 nomor sambungan.
“Target kami memang menyeimbangkan antara pengguna data dan voice pelanggan Telkomsel,” kata GM ICT Network Operation Telkomsel Kalimantan, Ardhiono Trilaksono, Jumat (1/1).
Pelanggan jaringan data Telkomsel, kata Ardhiono menduduki 30 persen dari total keseluruhan pengguna jaringan profider ini di Kalimantan. Pelanggan Telkomsel di Kalimantan terus meningkat hingga 11,4 persen seiring peluncuran teknologi 4G di Kota Balikpapan (Kaltim) dan Banjarmasin (Kalsel).
“Bulan depan kami upayakan peluncuran teknologi 4G di Samarinda dan Pontianak,” paparnya.
Ardhiono optimis prosentase pelanggan Telkomsel nantinya akan berimbang antara pengguna data maupun voice di Kalimantan. Menurutnya sudah ada pergeseran minat pelanggan Telkomsel yang memanfaatkan aplikasi percakapan media social dibandingkan layanan pesan singkat jaringan.
“Pengguna layanan singkat SMS (short message service) Telkomsel sudah menurun. Pelanggan memanfaatkan percakapan di aplikasi media social yang berbasis data,” ungkapnya.
Kombinasi pelanggan data dan voice Telkomsel diyakini mampu mendongkrak pendapatan perusahaan mencapai Rp 29 miliar dari sebelumnya hanya Rp 26 miliar. Target pendapatan ini disesuaikan dengan prosentase peningkatan pelanggan Telkomsel Kalimantan yang berada di kisaran 11,4 persen.
Secara keseluruhannya terdapat 225 BTS teknologi 4G yang tersebar di Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Tenggarong dan Pontianak. Lima kota di Kalimantan memang dijadikan barometer pertumbuhan teknologi teknologi Telkomsel di bumi borneo.
Wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia turut menjadi perhatian dengan dibangunnya BTS teknologi 3G di Entikong, Sanggau, Sintang dan Sebatik. Kota kota di dua provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara ini memang memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dengan total sebanyak 61 BTS 3G teknologi terbaru sudah terbangun.

Pencarian Populer:

Telkomsel Jumlah pengguna menurun