Telkomsel  4GNewsBalikpapan –

PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) meluncurkan layanan 4G LTE di Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (29/11). Balikpapan dipilih menjadi kota pertama di Kalimantan yang resmi menggunakan teknologi 4G LTE dari Telkomsel.

“Balikpapan menjadi salah satu kota utama di Kalimantan,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di Balikpapan.

Ririek mengatakan Balikpapan menjadi kota maju berkat industry pengolahan minyak dan gasnya yang menjadi roda penggerak roda perekonomian. Dia membeberkan Balikpapan menjadi salah satu kota Indonesia dengan pertumbuhan jumlah pengguna handset jaringan 4G yang tinggi.

Saat ini terdapat 27 ribu pelanggan Telkomsel yang sudah menggunakan handset 4G seiring peningkatan konsumsi data hingga120 persen dibandingkan periode sebelumnya. Adapun jumlah pelanggan data saat ini sebanyak 40 persen dari keseluruhan 1,2 juta pelanggan Telkomsel Balikpapan.

Telkomsel membangun 65 E Node (BTS 4G) yang diharapkan mampu menjangkau 100 persen wilayah Balikpapan. Layanan 4G Telkomsel beroperasi di frekwensi 1.800 MHz menggunakan pita sebesar 10 MHz dengan kecepatan 75 Mbps.

Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid menambahkan Balikpapan menjadi kota ke 11 di Indonesia yang memanfaatkan teknologi 4G setelah Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Menado, Batam dan Yogjakarta. Kedepannya ada sejumlah kota lain yang ditingkatkan layanannya memanfaatkan teknologi 4G yakni Banjarmasin, Pekanbaru, Samarinda dan Malang.

“Kami menjamin kualitas layanan teknologi 4G ini sesuai standar Telkomsel,” paparnya.

Adanya 11 kota Indonesia berbasis teknologi 4G, Mas’ud langsung menargetkan minimal 8 juta pelanggan Telkomsel yang bermigrasi memanfaatkan layanan 4G LTE. Layanan teknologi 3G Telkomsel juga sudah mendekati ambang batas kuota maksimal dari total keseluruhan pelanggan.