Desa Kerta Buana akan Dikembangkan Menjadi Desa Wisata
2 May 2024
Desa Loa Duri Ilir Kembangkan Peternakan Ayam Omega 3 Probiotik
2 May 2024

Program BSPS yang Berjalan di Desa Loa Kulu Kota Membenahi 41 Rumah

Ilustrasi rehabilitasi rumah di Desa Loa Kulu Kota. Foto Istimewa

Ilustrasi rehabilitasi rumah di Desa Loa Kulu Kota. Foto Istimewa

NewsKukar – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang disalurkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) telah berhasil merehabilitasi 41 rumah tidak layak huni di Desa Loa Kulu Kota, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Untuk Desa Loa Kulu Kota sendiri, kami menjalankan program bedah rumah, namun sesuai aturan, hanya tiga rumah yang dapat dibenahi setiap tahun melalui program Desa,” ujar Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Desa Loa Kulu Kota Hazri Hidayat, pada Senin (1/4/2024).

Hazri Hidayat, mengungkapkan bahwa bantuan ini diterima oleh warga pada tahun 2023 lalu.

Untuk memastikan bantuan tepat sasaran, pihaknya menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai acuan. Sebanyak 15 rumah memenuhi syarat dan akan direhabilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Penkab) Kukar, sementara sekitar 41 rumah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan dari Pemprov Kaltim.

“Seluruh rumah tersebut telah direhabilitasi pada tahun 2023 lalu. Untuk tahun ini, kami masih menunggu regulasi untuk pengajuan lebih lanjut,” tambah Hazri Hidayat.

Hazri juga menambahkan bahwa meskipun terdapat lebih banyak rumah yang layak menerima bantuan rehabilitasi di wilayahnya, namun tidak dapat dilaksanakan karena rumah-rumah tersebut berada di bantaran sungai yang merupakan ruang terbuka hijau.

“Meskipun banyak rumah di sepanjang sungai ini membutuhkan bantuan, namun kami tidak dapat memberikannya. Kami akan terus berupaya melalui CSR perusahaan,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *