Desa Loleng Fasilitasi Pengadaan Bibit Sawit untuk Warga
2 May 2024
Warga Desa Teluk Dalam Sukses Lakukan Budidaya Madu Kelulut
2 May 2024

Potensi Wisata di Danau Semayang dengan Membuka Paket Susur Danau

Penampakan matahari terbenam di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan (Istimewa)

Penampakan matahari terbenam di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan (Istimewa)

NewsKukar – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Dikmalestari milik Desa Semayang, Kabupaten Kutai Kartanegara, menyediakan paket wisata susur Danau Semayang. Pengunjung dapat menikmati sensasi mengarungi danau luas serta menyaksikan matahari terbit ataupun terbenam.

Ketua Pokdarwis Dikmalestari Mariatul Husna menjelaskan, bahwa selain paket trip, pihaknya juga menyediakan paket kuliner masakan khas Kutai. Dengan mengoptimalkan potensi wisata, mereka berharap dapat meningkatkan ekonomi warga setempat.

“Saat ini kami menyediakan perahu bagi wisatawan yang ingin melihatnya, dengan nama susur Danau Semayang,” sebutnya pada Rabu (3/4/2024).

Selain paket trip susur danau, Husna menjelaskan bahwa di desanya juga terdapat penginapan terapung di tengah danau yang dibangun oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim).

Sayangnya, penginapan ini baru selesai dibangun dan belum dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, sehingga belum dapat dinikmati oleh wisatawan. Namun, jika telah beroperasi, diyakini penginapan ini akan menambah daya tarik wisata di Danau Semayang.

“Kami juga mendapat bantuan dari pemerintah dalam menunjang wisata kami. Dispar Kaltim memberikan bantuan bangunan, dan dari Dispar Kukar kami mendapat pelatihan. Semoga ini dapat membantu meningkatkan kunjungan dan pelayanan kami,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *