Desa Loa Duri Ilir Kembangkan Peternakan Ayam Omega 3 Probiotik
2 May 2024
Potensi Wisata di Danau Semayang dengan Membuka Paket Susur Danau
2 May 2024

Desa Loleng Fasilitasi Pengadaan Bibit Sawit untuk Warga

Ilustrasi persemaian bibit kelapa sawit (Istimewa)

Ilustrasi persemaian bibit kelapa sawit (Istimewa)

NewsKukar – Pemerintah Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memberikan bantuan seribu bibit sawit unggulan kepada para petani setempat. Penyaluran ini dilakukan berdasarkan aspirasi yang disampaikan masyarakat di sana.

Kepala Desa (Kades) Loleng, Rafi’i, menyatakan bahwa bantuan ini disalurkan karena petani kelapa sawit di desa mereka mengalami kesulitan dalam memperoleh bibit sawit berkualitas.

“Karena warga sering mengeluh kesulitan mendapat bibit yang bagus, kami mencoba untuk memfasilitasi,” ujarnya pada Senin (1/4/2024).

Kedepannya, Rafi’i menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus menyalurkan bantuan bibit sawit unggulan. Mengingat bantuan yang telah disalurkan belum mencukupi untuk memenuhi seluruh kebutuhan petani.

“Seribu bibit hanya cukup untuk 9 hektar saja,” tambahnya.

“Masih banyak kebutuhan petani yang belum terpenuhi. Kami akan terus meningkatkan pengadaannya seiring berjalannya waktu,” timpalnya.

Karena mayoritas warganya berprofesi sebagai petani kelapa sawit, Rafi’i mengatakan bahwa pihaknya memberikan perhatian yang lebih serius pada bidang perkebunan tersebut.

Selain memberikan bantuan bibit, pihaknya juga secara rutin melakukan perbaikan jalan usaha tani. Langkah ini diambil untuk memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil panen.

“Meskipun kami hanya melakukan perbaikan kecil, karena sulit bagi kami untuk melakukannya secara menyeluruh,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *