PLN dan Huawei Kolaborasi Bangun Joint Innovation Center
1 May 2024
KPU Kukar Perpanjang Pendaftaran Calon Anggota PPK Tahun 2024
2 May 2024

PLN Pamerkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Selasa (30/4/2024). Foto PLN

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Selasa (30/4/2024). Foto PLN

NewsBalikpapan – Kepala Staf Kepresidenan Indonesia dan Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, secara resmi membuka Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Selasa (30/4). Pameran kendaraan listrik ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2024, dengan harapan dapat meyakinkan masyarakat untuk beralih dari kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Moeldoko menjelaskan bahwa PEVS ke-3 ini merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, sejalan dengan Program Pemerintah yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden No 79 tahun 2023 mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Pemerintah membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mensosialisasikan Keputusan Presiden Nomor 79 sebagai revisi dari Keputusan Presiden Nomor 55 dalam pengembangan EV di Indonesia. Periklindo berperan penting dalam sosialisasi kendaraan listrik dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar pemahaman tentang EV semakin meluas di Indonesia,” ujar Moeldoko.

Moeldoko percaya bahwa PEVS 2024 menjadi platform efektif untuk menghubungkan produsen dan konsumen, serta menjadi ajang untuk menampilkan kesiapan infrastruktur EV di Indonesia oleh para pemangku kepentingan seperti PLN. Dia menambahkan bahwa PEVS 2024 juga merupakan kesempatan untuk memberikan edukasi tentang kendaraan listrik kepada masyarakat guna meningkatkan pemahaman tentang EV di Indonesia.

Dalam pameran EV terbesar di Asia Tenggara ini, terdapat 116 peserta yang terdiri dari produsen kendaraan roda empat, produsen roda dua, serta perusahaan pendukung ekosistem EV.

“Kehadiran semua pemangku kepentingan ini memudahkan pembangunan ekosistem EV karena mereka dapat saling berkolaborasi. PLN hadir sebagai penyedia energi listrik yang penting dalam ekosistem ini,” tambah Moeldoko.

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa partisipasi PLN dalam PEVS kali ini adalah sebagai bentuk dukungan terhadap percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, sejalan dengan langkah transisi energi menuju Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 atau bahkan lebih awal.

“Ini adalah wujud dukungan kami terhadap akselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini sangat penting untuk mempromosikan kendaraan listrik yang berkontribusi pada pengurangan emisi karbon dari sektor transportasi,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa peralihan dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik juga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada energi impor yang kotor dan mahal, menuju energi domestik yang bersih dan murah.

Di PEVS 2024, PLN memperlihatkan berbagai ekosistem pendukung EV, termasuk varian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU), kendaraan konversi dari BBM ke listrik, kendaraan hydrogen, fasilitas test drive, serta berbagai promo untuk menarik minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

Selain itu, PLN juga meluncurkan fitur EV Digital Services (EVDS) di aplikasi PLN Mobile, yang memudahkan pengguna EV untuk menemukan SPKLU dan SPBKLU, SPLU, fitur Home Charging, dan bahkan membeli kendaraan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *