Gapensi Balikpapan Minta KPPU Selesaikan Investigasi
19 January 2012
2012 BOT Hotel Ibis Dan Novotel Balikpapan Rp27 juta
20 January 2012

Pemkot Sebut Sudah Sesuai Kontrak Perjanjian

Balikpapan – Meski mendapat tudingan adanya kolusi, oleh DPRD Kota Balikpapan dalam kontrak perjanjian penggunaan lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk pembangunan Hotel Ibis di jalan Milono Blikpapan Selatan, namun Pemkot Balikpapan tetap tak bergeming. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli mengatakan investasi yang dilakukan oleh investor diatas lahan Pemkot Balikpapan dalam kontrak perjanjian kerja sama tersebut sudah sesuai dan menjadi hak prerogatif masing-masing investor.

Menurutnya, hal tersebut tidak bisa dihalangi sepanjang investor tidak menyalahi kesepakatan yang pernah dibuat bersama dengan Pemkot Balikpapan. Hal itu sekaligus menyiratkan, Pemkot membantah adanya kolusi dalam kontrak tersebut.

Iklim investasi yang kondusif kata Fadli, akan membantu mempercepat pertumbuhan perekonomian Kota Balikpapan. Karena itu Fadli berharapkan, agar kondisi kerja sama yang terjalin dengan para investor selama ini bisa lebih ditingkatkan agar saling menguntungkan kedua belah pihak.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Kota Balikpapan menyebutkan ada kolusi dalam kontrak perjanjian penggunaan lahan milik Pemkot Balikpapan itu. Pasalnya, dewan menyatakan harusnya dalam kontrak perjanjian tersebut yakni antara Pemkot Balikpapan dengan Accord Group bukan dengan PT. Grand Balikpapan.

“BOT nya (Build Operate Transfer) pembangunan  hotel ini yang katanya satu group dengan Novotel yakni Accord Group, tapi ternyata bukan pemegang perjanjian antara Pemkot dengan pihak investor yang memanfaatkan aset Pemkot. Ada pihak ketiga yakni PT.Grand Balikpapan, yang jelas ada dugaan korupsi dan kolusi didalam pembangunan kedua hotel ini”, kata Achmad. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *