Event Jakarta Travel Fair 2022 akan Hadir di E-Walk Balikpapan Mall
Event Jakarta Travel Fair 2022 akan Hadir di E-Walk Balikpapan Mall
30 September 2022
PLN Pamerkan Program Pengurangan Emisi Karbon
PLN Pamerkan Program Pengurangan Emisi Karbon
17 October 2022

Jakarta Travel Fair, Perkenalkan Kepulauan Seribu sebagai Wisata Unggulan

Jakarta Travel Fair, Perkenalkan Kepulauan Seribu sebagai Wisata Unggulan

Jakarta Travel Fair, Perkenalkan Kepulauan Seribu sebagai Wisata UnggulanNewsBalikpapan – Pemprov DKI Jakarta menggelar Jakarta Travel Fair 2022 di Balikpapan Kalimantan Timur pada 7-9 Oktober di E-Walk Balikpapan. Mereka menggandeng sejumlah pelaku usaha menawarkan paket wisata bertema #Jakcation, Feel The Urban Vibe, Jakarta Travel Fair 2022.

“Pemprov DKI Jakarta terus menerus membangun infrastruktur dalam rangka promosi wisata,” kata Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Dedi Sumardi dalam keterangan pers di Balikpapan, Rabu (5/10/2022).

Jakarta memiliki banyak sekali lokasi wisata ikonis seperti Kota Tua, Taman Ismail Marzuki, dan masih banyak lain. Jakarta pun memiliki potensi wisata MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) hingga Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang mampu menampung total kapasitas hingga 82.000 orang.

Dedi mengatakan, pihaknya mempromosikan paket sekaligus pelaku wisata, seperti biro perjalanan wisata, hotel, MICE, objek wisata, mal, dan venue. Juga turut tampil menghibur warga Balikpapan adalah penampilan Saykoji dan DiskoPantera.

Dalam hal ini, Dedi menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta sudah mempersiapkan Kepulauan Seribu jadi lokasi paling tepat dalam penyelenggaraan MICE. Lewat Program Digital Nomad Island, katanya, pembangunan sarana dan prasarana di Kepulauan Seribu jadi perhatian sehingga aktivitas dan produktivitas dapat terakomodasi.

“Bila selama ini ada wisata Bali, Kepulauan Seribu menjadi opsi pilihan wisata yang ditawarkan juga DKI Jakarta. Siapa tahu nanti ke depannya bisa bersaing dengan Bali,” tukasnya.

Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI memang menyebutkan, destinasi wisata domestik masih jadi primadona bagi warga. Mobile Positioning Data (MDP) menunjukkan wisatawan domestik mengalami jumlah pertumbuhan yang meningkat sejak 2019. Tercatat jumlah peminat wisata oleh wisatawan domestik mencapai 525 juta pergerakan pada 2021 dan diproyeksikan sepanjang tahun 2022 akan meningkat hingga 550 juta pergerakan.

Angka yang tentu menjanjikan bagi pelaku sektor pariwisata di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya DKI Jakarta. Jakarta yang telah siap dengan pilihan wisata urban perkotaan dengan fasilitas lengkap.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemprov Kaltim M Irvan Rivai mengapresiasi promosi wisata Pemprov DKI Jakarta di Balikpapan. Bahkan, ia pun mengaku terinspirasi langkah dilakukan Jakarta, salah satunya promosi Kepulauan Seribu dalam Program Digital Nomad Island.

“Selamat datang di Balikpapan dalam ajang Jakarta Travel Fair 2022,” ujarnya.

Menurut Irvan, Kaltim memiliki potensi wisata kepulauan yang bisa dikembangkan ke depannya. Lokasinya tersebar di sejumlah kota/kabupaten di Kaltim.  Tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dalam pengembangan potensi wisata pulau-pulau di Kaltim bersama pelaku wisata di Jakarta.

Kerja sama di antara kedua provinsi akan mendongkrak potensi pariwisata Kaltim dan DKI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.