DPRD Balikpapan Soroti Pelayanan Dan Infrastruktur
9 February 2012
5 juta US Dolar Bangun Jaringan Listrik Bawah Tanah Balikpapan
9 February 2012

DAK Irigasi Balikpapan Rp3,6 Miliar Terancam Dialihkan

Balikpapan - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyatakan dana irigisai tahun 2012 yang diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kota Balikpapan sebesar Rp3,6 miliar dari pemerintah pusat terancam dialihkan ke daerah lain. Pasalnya hitungan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) alokasi anggaran untuk irigasi di Kota Balikpapan cukup sebesar Rp800 juta. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan pihaknya tengah berupaya agar dana tersebut dapat digunakan penuh di Kota Balikpapan tidak hanya untuk irigasi melainkan drainase.

Karenanya Suryanto, mengaku pihaknya akan melakukan pendekatan  dan dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan Kementerian PU .”Sehingga Dak Rp3,6 miliar tetap digunakan  di wilayah Balikpapan namun dapat dimanfaatkan lebih optimal tidak hanya untuk irigasi namun juga drainase dan sarana pengairan lainya,” harapnya.

Berdasarkan hitungan Tim Asistensi Kementerian Pekerjaan umum Pusat, dengan luas 40 hektar di wilayah Balikpapan Timur yakni Teritip dan Gunung Binjai , hanya dibutuhkan dana Rp800 juta.

Namun kata Suryanto, perhitungan Kementerian sebelumnya telah memperkirakan dana Rp3,6 milyar. “Kita inginya ini digunakan semua di Balikpapan, karena kan tidak hanya soal irigasi tapi juga masalah drainase yang masih membutuhkan anggaran,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *