DAK Irigasi Balikpapan Rp3,6 Miliar Terancam Dialihkan
9 February 2012
Pembangunan Pelabuhan Balikpapan Selesai Juni 2012
9 February 2012

5 juta US Dolar Bangun Jaringan Listrik Bawah Tanah Balikpapan

Balikpapan - Perusahaan daerah (Perusda) Kota Balikpapan melalui PT. Balikpapan Elektric tengah melakukan persiapan pembangunan jaringan kabel listrik bawah tanah dengan nilai investasi sebesar US$ 5 juta di Kawasan Industri Kariangau (KIK). Ditargetkan akhir tahun 2012 ini, sudah dapat beroperasi. “Anggaran dari dalam dan sindikasi perbankan,” ujar Dirut Perusda Poerba Widjaya usai menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD  mengenai HUT ke115 tahun Kota Balikpapan, Kamis (10/2).

Pembangunan jaringan listrik bawah tanah di KIK mulai dilakukan setelah selesainya pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU)tahap pertama  2X15 MW atau Topping Out pada  Kamis 12 Januari 2012 lalu oleh Gubernur Kaltim. Pembangunan pembangkit dilakukan oleh PT Kariangau Power.

Ia menjelaskan, pembangunan jaringan listrik bawah tanah untuk KIK diperkirakan hanya memakan waktu 3-4 bulan atau paling lama 6 bulan sudah jadi. “ Kita targetkan akhir tahun listrik sudah menyala,” katanya.

Menurut Poerba dari pembangunan Pembangkit listrik 150 MW yang dibangunan Kariangau power telah selesai pembangunannya untuk 30 MW. “ Sekarang i share market cuma  tujuh perusahaan. Yang mohon banyak tapi kapasitas terbatas,” ucapnya

Meski demikian kata Poerba permohonan permintaan listrik dari perusahaan-perusahaan lain  tetap akan dipenuhi. Caranya dengan menambah mesin pembangkit saja. “ Kalau listriknya berlebih bisa kita jual ke PLN,” tandasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *