Joice Lanny Wantania Ditunjuk Jadi GM PLN UIW Kaltimra
Joice Lanny Wantania Ditunjuk Jadi GM PLN UIW Kaltimra
16 July 2022
Jaringan Listrik PLN Terangi Pos Perbatasan di Sei Pancang Kaltara
Jaringan Listrik PLN Terangi Pos Perbatasan di Sei Pancang Kaltara
23 July 2022

8 Tips Membuat Kamar Mandi Selalu Bersih, Nyaman, dan Wangi

8 Tips Membuat Kamar Mandi Selalu Bersih, Nyaman, dan Wangi

8 Tips Membuat Kamar Mandi Selalu Bersih, Nyaman, dan WangiNewsBalikpapan – Banyak yang percaya bahwa kepribadian seseorang bisa terlihat dari kamar mandi rumahnya. Jika selalu bersih dan rapi, maka orang tersebut pasti juga detail dalam memperhatikan hal-hal kecil serta bertanggung jawab. Lantas, bagaimana cara merawat kamar mandi agar tetap bersih?

Kamar mandi bersih dan sehat akan membuat pemakainya merasa nyaman ketika membersihkan diri. Namun untuk mempertahankan kebersihannya memang tidak mudah. Noda sabun, kerak dan lumut bisa muncul di mana saja. Meski sudah dibersihkan noda tersebut dapat dengan cepat datang kembali.

8 Cara Agar Kamar Mandi Tetap bersih dan Rapi

Waktu ideal dalam membersihkan kamar mandi memang sebaiknya setelah memakainya atau sehari sekali. Namun dengan banyaknya kesibukan seringkali tidak sempat melakukannya. Untuk menjaga agar tidak terlalu kotor, setidaknya lakukan clean up seminggu sekali.

Apabila Anda rutin melakukannya, maka kerak tidak akan membandel. Jika ingin mencari cara merawat kamar mandi agar tetap bersih Anda dapat menyimaknya secara lengkap pada pembahasan berikut ini;

1. Jaga agar tetap kering

Noda, kerak dan lumut muncul karena kamar mandi dalam keadaan basah. Sebagai tempat membersihkan diri, memang tidak mudah untuk membuatnya tetap kering. Jadi kamu mungkin harus melakukan kegiatan ekstra setiap hari.

Pada saat mendesain lantai, pastikan air dapat mengalir menuju titik pembuangan sehingga tidak menggenang. Namun, jika sudah terlanjur, harus menggunakan sapu air untuk membuat air cepat terbuang. Cara lain adalah dengan tetap menyalakan exhaust fan.

2. Guyur lantai setelah menggunakan kamar mandi

Meski terlihat tidak terlalu kotor, namun pada saat mencuci tangan atau kaki, bisa saja meninggalkan kotoran pada lantai. Cek kembali dan pastikan mengguyur lantai setelah menggunakan kamar mandi agar noda dan sisa sabun dapat terbuang sempurna.

Bagi sebagian orang mungkin kegiatan ini terkesan ribet, tetapi dapat menjaga kamar mandi tetap bersih. Jika melakukan dengan rutin, bisa mencegah lantai menjadi licin yang dapat menyebabkan terpeleset.

3. Jangan menaruh pakaian kotor terlalu lama

Pakaian kotor yang menumpuk terlalu lama di kamar mandi bisa mengundang nyamuk, binatang lain dan bau apek. Sebaiknya langsung mencuci atau meletakkannya di tempat yang tidak lembab. Menyimpan pakaian terlalu lama di kamar mandi juga bisa menyebabkan munculnya jamur dan kain cepat rusak.

4. Usahakan tidak ada barang di lantai

Cara merawat kamar mandi agar tetap bersih berikutnya adalah tidak membiarkan ada barang di lantai. Air yang tergenang dapat menyebabkan lembab dan licin pada lantai. Sebaiknya meletakkan barang seperlunya saja.

Gantung pada dinding atau taruh rak yang menempel sehingga bagian bawah tetap bersih. Sedangkan untuk tempat sampah, angkat setiap membersihkan dan gosok lantai tempat meletakkannya.

5. Gunakan sabun dalam wadah botol

Sabun batangan biasanya akan menyisakan noda yang lebih membandel dan endapan sehingga membuat lantai serta dinding kotor. Selain itu banyak yang merasa jijik menggunakannya setelah dipakai orang lain.

Sedangkan sabun cair dalam wadah botol lebih higienis. Pilihlah jenis pompa botol yang dapat mengeluarkan sabun secukupnya saja. Terlalu banyak menggunakan sabun belum tentu membuat bersih, namun bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

6. Manfaatkan cuka dan sitrun untuk membersihkan noda membandel

Kerak membandel sering menjadi masalah pada lantai dan dinding kamar mandi. Salah satu cara membersihkan kamar mandi yang membandel adalah dengan menggunakan cuka dan sitrun.

Larutkan sitrun atau cuka dengan air dingin, kemudian siram pada lantai dan dinding yang terdapat noda membandel. Selanjutnya diamkan sekitar satu jam. Sikat kemudian guyur dengan air sampai bersih. Noda membandel akan segera hilang.

7. Kosongkan tempat sampah

Kebiasan menunda untuk mengosongkan tempat sampah bisa mengundang kuman dan bau tidak sedap. Bagian ini harus dibersihkan setiap hari. Bukan hanya membuang sampah di dalamnya, namun juga harus mencucinya menggunakan sabun sampai bersih.

Kuman yang dibiarkan akan cepat menyebar di tempat yang lembab. Ganti segera plastik untuk menampung sampah dan jangan biarkan mengenai permukaan tempatnya. Selain terlihat jorok juga dapat meninggalkan kuman meski sampah sudah dibuang semua.

8. Gunakan tisu dengan daya serap tinggi

Tisu kamar mandi merupakan item yang sangat penting dan harus ada. Memilihnya tidak boleh sembarangan. Pastikan menggunakan tisu yang berdaya serap tinggi dan tidak meninggalkan serpihan.

Selain kurang higienis, tisu yang meninggalkan serpihan membuat kamar mandi terlihat cepat kotor. Salah satu merek tisu kamar mandi yang berkualitas adalah cheers. Tisu jenis ini mempunyai daya serap tinggi, seratnya rapat dan tanpa bahan kimia untuk membuatnya terlihat putih.

Sebagai perlengkapan rumah tangga, tisu penting untuk membersihkan tubuh setelah beraktivitas di kamar mandi. Anda bisa membeli tissue Cheers di Blibli, marketplace yang menyediakan semua kebutuhan rumah tangga secara lengkap.

Harganya pun sesuai dengan kualitas barangnya. Berbelanja di Blibli juga mudah karena praktis. Cukup dengan membuka aplikasi di smartphone, memilih dan membayarnya, produk pilihan akan dikirim sampai alamat rumah.

Cara merawat kamar mandi agar tetap bersih sebenarnya cukup mudah. Bagian privasi ini bisa mencerminkan pemakainya. Seorang yang detail dan bertanggung jawab akan selalu membersihkan kamar mandi meski tidak terlihat oleh orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *