Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad BambangNewsBalikpapan –

PT Pertamina (Persero) menargetkan mampu menguasai hingga 75 persen pangsa pasar pelumas otomotif dan industry pertambangan di Kalimantan. Pertamina terus berupaya mengembangkan efisienasi distribusi penyaluran pelumas guna menekan harga jualnya ke pasaran.

“Salah satunya dengan peresmian penggunaan Terminal Supplay Point & Distribution di Batakan Balikpapan Kalimantan Timur ini,” kata Direktur Pemasaran PT Pertamina, Ahmad Bambang di Balikpapan, Senin (21/9).

Bambang mengatakan adanya terminal pelumas ini akan memotong mata rantai suplay pelumas ke konsumen seperti waktu, ketersediaan stok, efisiensi ditengah lesunya ekonomi saat ini. Menurutnya harga jual pelumas Pertamina di pasaran Kalimantan juga terpangkas 25 persen dari nilai sebelumnya.

Industri pertambangan Kalimantan, menurut Bambang menjadi pangsa pasar potensial industry pelumas nasional. Pertamina menguasai hingga 65 persen market share industry pelumas di Kalimantan.

“Pelumas kami mayoritas ada di Kalimantan dengan adanya industry pertambangan disini. Market share nasional pelumas Pertamina hanya 58 persen seluruh Indonesia,” paparnya.

Pertamina meresmikan pengoperasian Terminal Supplay Point & Distribution di Batakan Balikpapan Kalimantan Timur, Senin (21/9). Terminal ini untuk memaksimalkan distribusi pelumas untuk pasar Kalimantan Timur, Utara dan Selatan.

Bambang mengatakan Terminal Batakan mempunyai kapasitas penampungan pelumas hingga 820 kilo liter.  Terminal dilengkapi instalasi pengisian pelumas curah, 8 ribu drum, gudang penyimpanan 21 ribu box, control room, workshop, laboratorium QC dan oil monitoring.

Produk kemasan curah yang dipasok dari TSP Batakan yakni jenis Meditran S, Meditran SX CH-4 dan Meditran SX Plus CI-4,  TranslikHD dan Turalik. Meditran SX Plus CI-4 merupakan pelumas mesin diesel industri putaran tinggi yang digunakan alat berat dan pembangkit listrik.

TranslikHD merupakan pelumas powershift transmissions dan hidrolik yang bermutu tinggi yang dirancang khusus untuk kendaraan off-highway tugas berat. Peralatan ini umumnya digunakan pada industry pertambangan, konstruksi, dan pertanian. Pelumas ini banyak digunakan untuk final drives, wet clutches, dan wet-disc brake.

Serta Turalik yaitu pelumas hidrolik yang diformulasikan dari base oil yang memiliki viscosity index yang tiggi dan mengandung performance additive yang lengkap untuk memberikan perlindungan terhadap keausan, mencegah terbentuknya busa, serta perlindungan karat dan korosi.