Bekapai Phase 2B ProjectNewsBalikpapan –

PT Pertamina (Persero) menyatakan mulai mengincar perluasan pasar ke negara negara ASEAN menyusul pembelian pabrik pelumas di Thailand. Perusahaan migas plat merah ini akan memasarkan berbagai produknya  ke Negara Indo China seperti Thailand, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Philipina hingga Bangladesh.

“Kami sudah membeli pabrik lubricant di Thailand sejak Januari lalu. Menjadi awal untuk menguasai pasar di wilayah Indo China,” kata Direktur Pemasaran PT Pertamina, Ahmad Bambang di Balikpapan, Senin (21/9).

Bambang mengatakan Pertamina sudah teruji mampu memproduksi produk pelumas kualitas tinggi untuk industry otomotif dan pertambangan. Pertamina mempunyai kapasitas produksi 500 ribu KL pertahun dari empat unit produksi di Gresik, Cilacap, Jakarta dan Thailand.

Dalam waktu dekat nanti, Bambang mengungkapkan Pertamina ikut tender pengoperasian 1.600 SPBU di Myanmar pada 30 Oktober. Dia optimis Pertamina mampu bersaing dengan perusahaan minyak gas dunia yang turut serta dalam proses tender SPBU di Myanmar ini.

“Saingannya perusahaan migas dunia, tapi kami optimis mampu bersaiang,” tuturnya.

Pertamina, lanjut Bambang berpeluang memperoleh 49 persen hak kepemilikan atas 1.600 SPBU yang dilelang Pemerintah Myanmar. Kepemilikan saham mayoritas tetap menjadi milik perusahaan migas ditunjuk Pemerintah Myanmar.