Pasukan perbatasanNewsBalikpapan –

Kodam Mulawarman menerjunkan sebanyak 1.960 personil TNI guna membantu memadamkan titik api di area kebakaran hutan. Ribuan personil ini berasal dari berbagai kesatuan yang bertugas di Provinsi Kalimantan Timur, Selatan dan Utara.

“Ada ribuan personil TNI yang ditugaskan memadamkan api di wilayah Kodam Mulawarman,” kata Kepala Penerangan Kodam Mulawarman, Letnan Kolonel Andi Gunawan, Selasa (15/9).

Andi mengatakan ribuan personil adalah petugas inti yang memang ditugaskan membantu proses pemadaman api di wilayah Kaltim, Kalsel dan Kaltara. Kodam Mulawarman, menurutnya juga masih menyiapkan sebanyak 3.350 personil cadangan guna membantu tugas pemadaman kebakaran hutan.

Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, menurut Andi saat ini sudah melaksanakan tugas pemadaman kebakaran hutan di wilayah Kalimantan Selatan. Namun saat ini yang dominan bertugas adalah unit evakuasi Kodim di Kalsel mengingat kerawanan titik lokasi kebakaran.

Andi mengakui kekuatan personil TNI belum secara efektif dalam membantu penanggulangan bencana ini. Pasukan tetap disiagakan di satuan tugas masing masing guna pengerahan ke lokasi kebakaran.

Mabes TNI AD sudah memerintahkan Kodam Mulawarman untuk ikut aktif dalam penanganan tanggap bencana kebakaran hutan di wilayah Kaltim, Kalsel dan Kaltara.