Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan di IKN
2 May 2024
Desa Loa Duri Ulu Membentuk Tim Media untuk Menyebarkan Informasi
2 May 2024

Visi Misi Kaltim Tingkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi Kelanjutan

Musrembang RPJPD Kaltim 2025-2045. Foto istimewa

Musrembang RPJPD Kaltim 2025-2045. Foto istimewa

NewsBalikpapan – Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menegaskan bahwa visi misi Kaltim tidak terlepas dari upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan ekonomi yang berkelanjutan.

Pernyataan ini disampaikan saat pembukaan Musyawarah Perancangan Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kaltim 2025 hingga 2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 di Hotel Mercure Samarinda, pada Kamis (2/5/2024).

Akmal Malik mengatakan bahwa dalam penyusunan RPJPD, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim telah menetapkan target-target yang ambisius, termasuk penanggulangan kemiskinan di daerah dan pencapaian target di tingkat nasional.

“Pemerintah daerah berharap dapat menetapkan Peraturan Daerah (Perda) RPJPD pada awal Agustus tahun ini,” ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi atas kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala daerah, dan Forkompimpda dalam memajukan pembangunan Kaltim.

“Kinerja Pemprov Kaltim telah menunjukkan grafik yang sangat luar biasa, seperti yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kaltim,” katanya.

“Tahun 2024 ini, kami berharap seluruh perangkat daerah dapat meningkatkan kinerja dan kolaborasi mereka, serta meningkatkan program-program kerja untuk masa depan yang lebih baik,” tambahnya.

Akmal Malik juga menekankan pentingnya mengintegrasikan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada anggota DPRD Kaltim melalui kegiatan reses atau serap aspirasi ke dalam RPJPD 2025. Hal ini bertujuan untuk memperkuat RPJPD Pemprov dan menjadikannya sebagai strategi Kaltim dalam menyongsong Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Seluruh penduduk Kaltim harus dapat melihat peluang pembangunan di tengah proses pembangunan IKN Nusantara,” tandas Akmal Malik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *