Dukung Sektor Pertanian, Dispora Kukar Siapkan Program Regenerasi Petani

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni (Istimewa)

NewsKukar – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar siap turut serta dalam mendukung proses regenerasi petani sebagai bagian dari upaya menjadikan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Proses regenerasi ini dianggap sangat penting untuk masa depan sektor pertanian di Kukar mengingat sebagian besar lahan pertanian di Bumi Etam saat ini dikelola oleh petani yang sudah berusia lanjut.

Untuk mempercepat regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pertanian, Dispora Kukar telah menyiapkan berbagai program untuk menarik minat generasi muda agar terjun ke dalam dunia pertanian.

“Kami telah menyiapkan beberapa program dan memberikan bantuan untuk mendukung produktivitas petani muda,” ungkap Aji Ali Husni, Kepala Dispora Kukar, pada Kamis (4/4/2024).

Ali menyatakan bahwa jumlah generasi muda yang tertarik untuk terlibat dalam pertanian masih minim. Namun, pihaknya bertekad untuk terus mendukung mereka dengan menyediakan pelatihan, sosialisasi, dan bantuan peralatan sesuai kebutuhan.

“Tahun lalu, kami telah memberikan bantuan kepada petani muda di lima desa di Kecamatan Muara Badak, Marangkayu, dan Anggana,” tambahnya.

Selain itu, Dispora Kukar juga berencana untuk menyelenggarakan pelatihan dan sosialisasi bagi para pemuda guna memotivasi mereka untuk terlibat dalam usaha di sektor pertanian. Ia menegaskan bahwa pertanian adalah salah satu sektor usaha yang sangat menjanjikan jika ditekuni dengan serius.

Saat ini, bidang pertanian telah berkembang pesat sehingga pekerjaan di bidang pertanian tidak lagi diasosiasikan dengan lumpur dan kotoran. Hampir semua pekerjaan pertanian dapat dilakukan dengan bantuan mesin.

“Kami masih melakukan inventarisasi dan akan menganggarkan program-program ini jika ada Musrenbang di kecamatan,” tegasnya. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *