Jokowi Resmikan Pembangunan PLN Hub untuk Transisi Energi dan Layanan Digital di IKN

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan PLN Hub di Ibukota Nusantara. Foto PLN

NewsPenajam – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan PLN Hub, pusat ekosistem transisi energi dan layanan digital terbesar di Indonesia, di jantung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu (5/6). Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menyatakan bahwa PLN Hub akan menjadi tempat berkumpulnya semua pemangku kepentingan.

“Saya sangat menghargai pembangunan PLN Hub yang akan menjadi tempat berkumpulnya semua pemangku kepentingan dan mitra yang terkait dengan PT PLN,” kata Presiden Jokowi.

Beliau juga menyampaikan bahwa keberadaan PLN Hub akan mempercepat transisi energi dan mendorong berbagai investasi di IKN.

“Setiap investor yang ingin masuk ke Indonesia, seperti data center, selalu menanyakan apakah ada energi hijau atau tidak. Ada yang ingin membangun industri aluminium, pertanyaannya selalu, apakah Bapak bisa menyediakan energi hijau atau tidak,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa kehadiran PLN Hub bukan hanya untuk PLN, tetapi juga untuk ekosistem besar yang melibatkan mitra dan jaringan bisnis yang bekerja sama dengan PLN dalam transisi energi.

“Kami telah berkomunikasi dengan mitra dan jaringan bisnis kami yang terdiri dari berbagai perusahaan terkemuka internasional. Kolaborasi dengan mereka akan terus berlanjut dengan keberadaan di IKN,” terang Darmawan.

Terkait pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk IKN, Darmawan menjelaskan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 megawatt (MW) akan beroperasi penuh pada peringatan HUT Republik Indonesia mendatang. Selain itu, PLN juga sedang mempersiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk menyediakan listrik bersih bagi IKN.

“Pada akhir tahun lalu, Bapak Presiden telah meresmikan groundbreaking PLTS di IKN dan kami telah melaksanakan tugas kami. Insya Allah, pada peringatan 17 Agustus di IKN, listriknya akan sepenuhnya berasal dari energi baru terbarukan. Kami juga telah menyiapkan pembangkit listrik tenaga air di sekitar IKN, sehingga listriknya akan 100% berasal dari EBT dalam jangka panjang,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah karena telah menyediakan lokasi strategis untuk pembangunan PLN Hub di pusat IKN. Lokasi ini hanya berjarak 1 kilometer dari Istana Negara dan memiliki luas lahan yang cukup besar, yaitu 1,39 hektar.

“Kami diberi kepercayaan untuk mewujudkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan ramah lingkungan dalam hal ketenagalistrikan. Kami berterima kasih atas kesempatan membangun PLN Hub di jantung IKN,” jelas Darmawan.

Darmawan melanjutkan bahwa pembangunan PLN Hub mengusung konsep yang ramah lingkungan, cerdas, dan indah.

“Kami membangun PLN Hub yang terintegrasi dengan alam, melibatkan arsitek-arsitek terbaik Indonesia. Kami akan membuat PLN Hub menjadi pusat riset dan pengembangan, pusat kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia,” ungkap Darmawan.

Lokasi tersebut juga akan menjadi pusat telekomunikasi bagi PLN ICON Plus. Bersama dengan Telkom, PLN juga membangun infrastruktur fiber optik untuk Multi Utility Tunnel (MUT) yang merupakan bagian integral dari infrastruktur ketenagalistrikan.

PLN Hub akan terdiri dari 3 gedung dengan 14 lantai, dilengkapi dengan pusat perkantoran, pusat komersial, taman hidrogen hijau, pusat studi dan penelitian,

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *