Bandara SepingganNewsBalikpapan –

PT Angkasa Pura Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan ada tiga bandar udara yang terpaksa tidak beroperasi menyusul kian tebalnya kabut asap kebakaran hutan. Tiga bandara tersebut yang terletak di Tarakan Kaltara, Berau  Kaltim dan Palangkaraya Kalimantan Tengah.

“Tiga bandara yakni Tarakan, Berau dan Palangkaraya,” kata Humas PT Angkasa Pura Balikpapan, Awaluddin, Senin (19/10).

Awal menyatakan tiga bandara tersebut yang terpapar paling parah akibat kabut asap kebakaran hutan terjadi di Kalimantan. Adanya kabut asap membuat jarak pandang menyulitkan pendaratan pesawat di Bandara Berau, Tarakan dan Palangkaraya.

“Sudah tidak ada penerbangan sejak tiga hari lalu hingga sekarang ini,” paparnya.

Bandara Sepinggan, kata Awal masih menunggu kepastian aktifitas penerbangan dari tiga kota tersebut yang terkoneksi jalurnya dengan Balikpapan. Sejumlah rute penerbangan dari dan ke tujuan Tarakan, Berau dan Palangkaraya hingga kini belum dapat dipastikan.

“Kami masih menunggu kepastian cuaca untuk penerbangan di tiga kota ini,” ungkapnya.

Bandara Sepinggan Balikpapan melayani hingga lima kali penerbangan rute tujuan Tarakan, Berau dan Palangkaraya. Maskapai penerbangan di tiga rute ini terpaksa membatalkan penerbangan sudah direncanakan dari Balikpapan.

Selain itu, Awal menyebutkan sejumlah bandara lain di Kalimantan berlokasi di Banjarmasin, Samarinda dan Pontianak turut pula terganggu adanya kabut asap kebakaran hutan. Namun demikian aktifitas penerbangan masih bisa beroperasi mengingat jarak pandang pendaratan masih bisa dilakukan.