SMA 1 BalikpapanNewsBalikpapan –

Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Kalimantan Timur menginstruksikan sekolah  agar kembali mempergunakan kurikulum 2006 pada tahun ajaran semester depan. Mayoritas sekolah sekolah Balikpapan memang sempat mempraktekan materi kurikulum 2013 yang diamanatkan pemerintah lama.

“Semester sekolah Balikpapan yang masih tersisa kembali pada kurikulum 2006,” kata Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan, Heri Misnoto, Rabu (10/12/2014).

Pemerintah Kota Balikpapan sudah menerima surat edaran Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan agar menerapkan kembali kurikulum 2006 dalam mata pelajaran sekolah sekolah. Sekolah sekolah di Balikpapan, menurut Heri tidak terlalu mempersoalkan apakah menggunakan kurikulum lama maupun baru.

Pemerintah menyebutkan kurikulum 2013 akan dievaluasi ulang mengingat banyaknya keluhan dari sekolah sekolah di Indonesia. Keluhan kurikulum ini seputar kesiapan managemen sekolah, guru guru hingga distribusi buku buku penunjang.

Heri mengatakan sebanyak 27 sekolah jenjang pendidikan SD hingga SMA Balikpapan sudah menerapkan kurikulum 2013 selama 3 semester 2014 ini.  Sebanyak 72 persen total guru Balikpapan juga sudah memperoleh bimbingan teknis soal penerapan kurikulum 2013.

Kota Balikpapan, kata Heri sudah melaksanakan pendidikan kilat bimbingan teknis kurikulum 2013 secara mandiri bagi para guru. Menurutnya hal ini yang jadi permasalahan bagi sekolah sekolah di kota lain.

“Tidak semua bisa melaksanakan secara mandiri. Balikpapan ini sudah melakukan diklat secara mandiri walaupun capaian baru 72 persen,” paparnya.

Sehubungan itu, Heri menegaskan Dinas Pendidikan Balikpapan akan tetap melaksanakan bimbingan teknis peningkatan professionalism tenaga pengajar setempat. Bimbingan teknis dimaksutkan agar dapat meningkatkan sumber daya manusia guru guru di Balikpapan.

” Bimtek tetap kita lanjutkan,” katanya.