AJI Gelar 4M Jakarta
23 September 2014
Pertamina Sanksi SPBU Nakal
23 September 2014

Polda Kaltim Siapkan Humas di Polsek

Narkoba Polda KaltimNewsBalikpapan –
Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menyiapkan perangkat staf bidang kehumasan di masing masing kepolisian sector setempat. Keberadaan staf kehumasan guna menyampaikan kinerja kepolisian dalam pelayanan public pada masyarakat.

“Nanti kita siapkan humas hingga di masing masing Polsek di Kaltim,” kata Kepala Polda Kalimantan Timur, Inspektur Jenderal Andayono, Senin (22/8/2014).

Andayono mengatakan para staf kehumasan ini harus mampu menguasai pokok permasalahan yang hendak disampaikan pada masyarakat. Para staf humas juga harus memiliki performa menarik agar menarik perhatian masyarakat.

“Selain menguasai masalah, dia juga harus menarik. Jangan yang seram seram,” tuturnya.

Staf humas, kata Andayono nantinya menjadi garda terdepan dalam penyampaian kinerja aparat kepolisian. Pasalnya staf humas ini bisa mewakili unsur pimpinan dalam penyampaian kinerjanya pada media massa.

“Hanya unsur pimpinan seperti Kapolsek, Kapolres dan Kapolda yang berbicara pada wartawan. Namun juga humas untuk mewakili pimpinannya, selain itu tidak ada lagi yang diperkenankan berbicara pada wartawan,” ungkapnya.

Andayono menegaskan bidang kehumasan bukanlah jabatan pinggiran yang menjadi anak tiri di institusi kepolisian. Menurutnya jabatan humas sama terhormatnya dengan personil penyidik di institusi reserse criminal maupun satuan lalu lintas.

“Sudah tidak ada lagi istilah jabatan basah maupun kering. Semuanya sudah sama dengan adanya remunirasi gaji dari Negara. Tujuan utama adalah pengabdian pada bangsa dan Negara,” ujarnya.

Andayono sendiri juga berjanji mengevaluasi kembali layanan kehumasan sudah diberikan Polda Kaltim. Dia memang baru saja dipercaya memimpin Polda Kaltim menggantikan pejabat terdahulu.

“Saya kan baru saja di sini, sehingga tentu butuh waktu untuk mempelajari kondisinya. Akan kita evaluasi juga humas di Polda Kaltim,” tegasnya.

Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Ronny Franky Sompie memberikan teknik public speaking pada seluruh staf kehumasan di kepolisian Kalimantan. Pertamina Unit Pemasaran Balikpapan juga ikut serta dalam pelatihan teknik humas hingga media massa ini.

“Tugas humas untuk menyampaikan tugas dan fungsi Polri,” tuturnya.

1 Comment

  1. […] mengatakan pihaknya siap membantu tugas polisi dalam mengusut kasus pengeroyokan personil Pengendali Masyarakat Polda Kaltim, Brigadir Dua Rudyansah. Apalagi korban menyebut […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *