Kilang BalikpapanNewsBalikpapan –

PT Pertamina Unit Pemasaran VI Balikpapan Kalimantan Timur menambah 10 persen pasokan LPG subsidi masyarakat Borneo selama bulan Ramadan ini. Pasokan tabung gas elpiji 3 kilogram sudah didistribusikan sebanyak 295.666 tabung per hari untuk kebutuhan masyarakat Kalimantan.

“Selama bulan Ramadan ini ada tambahan pasokan gas elpiji subdidi di Kalimantan,” kata Humas Pertamina Unit Pemasaran Balikpapan, Andar Titi Lestari, Senin (22/6).

Pasokan normal elpiji subsidi bagi warga Kalimantan sebanyak 265.666 tabung 3 kilogram per harinya. Menurut Andar pasokan gas subsidi sudah mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Kalimantan.

“Karena tidak seluruhnya masyarakat Kalimantan mempergunakan gas elpiji ukuran 3 kilogram,” paparnya.

Andar mengatakan masyarakat Kalimantan cukup tinggi tingkat konsumsi gas ukuran 12 kilogram. Pertamina mencatat konsumsi gasnya mencapai 17.833 tabung gas 12 kilogram per hari untuk warga Kalimantan.

Demikian pula konsumsi produk Bright Gas yang mengalami peningkatan menjadi 2.416 tabung per hari dari sebelumnya hanya 17.833 tabung per harinya. Menurut Andar konsumsi gas di Kalimantan memang selalu mengalami peningkatan kala memasuki bulan ramadan.

“Nanti konsumsinya akan mengalami penurunan saat sudah masuk waktu lebaran,” tuturnya.

Sehubungan itu, Andar mengungkapkan pihaknya sudah menyiagakan masing masing pangkalan gas dalam distribusi elpiji pada pelanggan. Pertamina juga akan melakukan inspeksi mendadak guna mengantisipasi dugaan penimbunan akan dilakukan pangkalan di Kalimantan.

Pertamina telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kenaikan pemakaian BBM dan LPG pada periode tersebut. Langkah yang dilaksanakan dengan mendorong kelancaran jalannya kegiatan ekonomi masyarakat seperti meningkatkan keamanan stok, operasional dan SPBU.

Pertamina meningkatkan pelayanan dengan pembentukan satgas bertugas memantau penyaluran/distribusi BBM dan Non BBM.