Hotel penerima sertifikasi bintangNewsBalikpapan –

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kalimantan Timur menetapkan 12 Balikpapan memperoleh  predikat bintang satu hingga lima. Hotel tersebut diantaranya Gran Senyiur, Novotel, Swiss Bel, Blue Sky, Le Grandeur, Pasific, Sagita, Zurich, Fave, Aiqo, Yayang dan Mutiara Indah.

“Ada 12 hotel Balikpapan yang memperoleh predikat bintang,” kata Ketua PHRI Kaltim, Yusi Ananda Rusli di Balikpapan, Selasa (14/4).

Yusi mengatakan predikat bintang lima diberikan pada dua hotel Balikpapan yakni Gran Senyiur dan Novotel. Penilaian diberikan sesuai infrastruktur, layanan hingga sumber daya manusia (SDM) dimilikinya.

Selanjutnya adalah hotel hotel berpredikat bintang empat yakni Swiss Bel, Blue Sky dan Le Grandeur Balikpapan.  Sisanya adalah hotel hotel menyandang predikat bintang tiga, dua dan satu antara lain Pasific, Sagita, Zurich, Favem Aiqo, Yayang dan Mutiara Indah.

Yusi mengatakan PHRI menetapkan predikat bintang ini dilaksanakan tiga tahun sekali pada masing masing hotel. Kali ini adalah tahun terakhir PHRI menyematkan predikat bintang pada masing masing hotel.

“Nanti tugas ini dilaksanakan oleh badan sertifikasi independen yang kompeten bidang perhotelan,” paparnya.

Sucofindo menjadi salah satu badan sertifikasi hotel yang ada di Kaltim. Badan independen ini sudah dipercaya dan kompeten dalam menjalankan bebagai uji sertifikasi layanan perhotelan dan restoran.

Hotel Yayang dan Mutiara Indah menjadi dua hotel yang naik kelas menyandang predikat bintang dari sebelumnya katagori non bintang. Dua hotel ini sekarang sudah menyandang predikat hotel bintang satu sesuai spesifikasi layanan, SDM dan infrastrukturnya.

“Kami persiapkan selama setahun agar bisa memperoleh predikat bintang satu,” kata Pemilik Hotel Yayang, Wasro Satori.