Wali Kota Balikpapan Anggap Kotanya Belum Ideal
26 August 2014
Mobil Dinas Dewan Diminta Lagi
26 August 2014

Pelajar Balikpapan Rawan Narkoba

SMA 1 BalikpapanNewsBalikpapan –
Badan Narkotika Nasional Kota Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan bahaya penyalahgunaan narkotika sudah merambah pelajar jenjang SMP hingga mahasiswa Para pelajar menghabiskan uang jutaan rupiah per minggu guna mengkonsumsi narkoba.

“Mereka menghabiskan uang untuk konsumsi narkoba saja,” kata Kepala BNN Kota Balikpapan, I Ketut Rasna, Selasa (26/8).

Ketut mengatakan ada hasil penelitian Laras Foundation dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman yang menyebutkan pelajar Balikpapan menghabiskan Rp 1 juta hingga Rp 2 juta untuk membeli narkoba. Menurutnya pengguna narkoba pelajar berada di prosentase 34 persen dari total keseluruhannya.

“Remaja hingga usia 25 tahun dengan pemakaian narkoba sebanyak 1 – 4 kali dalam sebulan,” ungkapnya.

Kata Ketut, uang yang diperoleh untuk membeli narkoba, dari uang jajan yang diikumpulkan yakni pemberian orang tua. Akibat, penggunaan narkoba itu memicu penyakit masyarakat seperti tindakan criminal, mencuri, merampok, dan memalak sesama teman.

Ketut menambahkan, dalam dua tahun terakhir sudah ada sekitar 50 pengguna narkoba kalangan pelajar dan mahasiswa yang harus menjalani rehabilitasi. Pengguna narkoba di Kota Balikpapan setap tahun memang terus meningkat yakni berkisar 18 ribu hingga 20 ribu jiwa.

1 Comment

  1. […] Nunukan melimpahkan seluruh tersangka berikut barang buktinya dalam penyidikan Polda Kaltim. Direktorat Narkoba Polda Kaltim nantinya yang mengungkap jaringan narkoba lintas negara berpangkal […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *