Figur Baru Kandidat Kuat Pilgub Kalteng
13 July 2015
Bandara Sepinggan Target Laba Rp 100 Miliar
15 July 2015

Lebaran, Bandara Sepinggan Melonjak 30 Ribu Penumpang

Pesawat Garuda IndonesiaNewsBalikpapan –

PT Angkasa Pura Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan ada lonjakan jumlah penumpang arus mudik ini mencapai 30 ribu jelang puncak arus mudik lebaran ini. Total jumlah arus mudik meningkat hingga 15 – 20 persen dibandingkan realisasi tahun 2014 lalu di Bandara Sepinggan.

“Puncaknya bisa mencapai 25 ribu – 30 ribu penumpang. Ini adalah jumlah penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara Sepinggan,” kata Manager Umum PT Angkasa Pura Balikpapan, Wendo Asrul Rose, Selasa (14/7).

Wendo mengatakan lonjakan arus mudik lebaran ini sudah mulai terasa pada pekan pekan ini dimana keberangkatan penumpang 14 ribu orang dan kedatangan 10 ribu orang. Normalnya, katanya Bandara Sepinggan rata rata hanya melayani sebanyak 8 ribu penumpang per harinya.

“Puncaknya nanti pada  2 hari jelang lebaran,” ungkapnya.

Bandara Sepinggan ada penambahan sebanyak 15 penerbangan tambahan untuk rute dominan di Jawa dan sekitarnya. Ada empat maskapai penerbangan yang melayani penerbangan tambahan di Balikpapan yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air dan Sriwijaya Air.

Lonjakan arus mudik sudah mulai terasa di Bandara Sepinggan saat ini yakni sebanyak 14.120 penumpang pesawat. Arus mudik lebaran ini naik hingga 11 persen dibandingkan angka keberangkatan arus mudik Bandara Sepinggan 2014 silam.

Demikian pula arus kedatangan penumpang di Bandara Sepinggan meningkat 29 persen dibandingkan tahun sebelumnya jadi  9.564 penumpang. Mereka ini adalah warga yang akan merayakan lebaran di kota/kabupaten Kaltim.

Sebelumnya, Bandara Sepinggan sempat menyiapkan 21 penerbangan tambahan pada puncak arus mudik lebaran 2014 silam. Saat itu, ada lonjakan arus mudik penumpang pesawat Bandara Sepinggan jelang lebaran yang diperkirakan bisa mencapai 12 ribu jiwa.

Penerbangan tambahan (extra flight) tersebut terdiri atas berbagai maskapai yang membuka jalur penerbangan di Bandara Sepinggan. Penambahan penerbangan terdiri atas sepuluh rute, di antaranya tujuan Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Makassar.

Hari hari normal, Bandara Sepinggan melayani hingga 4.350 jiwa dengan berbagai tujuan. Terminal keberangkatan dan kedatangan Bandara Sepinggan disebutkan akan mampu menampung lonjakan arus balik yang diperkirakan sebanyak 13 ribu jiwa. Bandara Sepinggan sudah dilakukan renovasi sehingga mampu menampung hingga 10 juta penumpang per tahunnya.

 

Bandara Sepinggan sudah membentuk sejumlah posko Lebaran yang terdiri atas unsur gabungan, terdiri dari personel polisi, TNI, Dishub Balikpapan dan petugas medis.

3 Comments

  1. […] Kalimantan Timur menargetkan penerimaan laba bersih Rp 100 miliar dalam pengelolaan Bandar Udara Sepinggan 2015 ini. Penerimaan laba berasal dari sector operasional aero dan non aero Bandara […]

  2. […] Seorang wartawan MNC TV, Aziz terlibat adu mulut dengan salah seorang staf Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan di sela sela kunjungannya di Bandara Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (15/7). Keduanya saling bersuara keras sehingga menarik perhatian para calon penumpang pesawat di Bandara Sepinggan. […]

  3. […] sepanjang pantai laut yang berada tepat di pinggir landasan pacu pesawat terbang. Menurutnya pantai Balikpapan ini menyimpan potensi keindahan alam yang mampu memukau penumpang dari luar […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *