Lion Air di BalikpapanNewsBalikpapan –

Bandar Udara Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur membuka enam rute penerbangan extra guna melayani arus mudik lebaran ini.  Ada empat maskapai penerbangan yang melayani penerbangan tambahan di Balikpapan yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air dan Sriwijaya Air.

“Ada tambahan enam extra flight di Bandara Balikpapan,” kata Humas PT Angkasa Pura Balikpapan, Awaluddin, Minggu (12/7).

Awaluddin mengatakan tambahan penerbangan ini terjadi pada sepekan jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri nanti. Prioritas penerbangan tambahan adalah dua kota di Jawa yakni Surabaya dan Semarang.

“Tapi tambahan paling banyak adalah tujuan Surabaya,” paparnya.

Awaluddin menambahkan lonjakan arus mudik sudah mulai terasa di Bandara Sepinggan saat ini yakni sebanyak 14.120 penumpang pesawat. Arus mudik lebaran ini naik hingga 11 persen dibandingkan angka keberangkatan arus mudik Bandara Sepinggan 2014 silam.

Demikian pula arus kedatangan penumpang di Bandara Sepinggan meningkat 29 persen dibandingkan tahun sebelumnya jadi  9.564 penumpang. Mereka ini adalah warga yang akan merayakan lebaran di kota/kabupaten Kaltim.

Sebelumnya, Bandara Sepinggan sempat menyiapkan 21 penerbangan tambahan pada puncak arus mudik lebaran 2014 silam. Saat itu, ada lonjakan arus mudik penumpang pesawat Bandara Sepinggan jelang lebaran yang diperkirakan bisa mencapai 12 ribu jiwa.

Penerbangan tambahan (extra flight) tersebut terdiri atas berbagai maskapai yang membuka jalur penerbangan di Bandara Sepinggan. Penambahan penerbangan terdiri atas sepuluh rute, di antaranya tujuan Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Makassar.

Hari hari normal, Bandara Sepinggan melayani hingga 4.350 jiwa dengan berbagai tujuan. Terminal keberangkatan dan kedatangan Bandara Sepinggan disebutkan akan mampu menampung lonjakan arus balik yang diperkirakan sebanyak 13 ribu jiwa. Bandara Sepinggan sudah dilakukan renovasi sehingga mampu menampung hingga 10 juta penumpang per tahunnya.

 

Bandara Sepinggan sudah membentuk sejumlah posko Lebaran yang terdiri atas unsur gabungan, terdiri dari personel polisi, TNI, Dishub Balikpapan dan petugas medis.