Jumpa pers TelkomselNewsBalikpapan –

PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Regional Kalimantan memastikan seluruh kota/kabupaten di Kalimantan belum kasuk prioritas teknologi terbaru 4G long term evolution pada 2015 mendatang. Perusahaan seluler plat merah ini hanya memilih enam kota yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar, Makassar dan Menado.

“Kota di Kalimantan belum ada yang akan digelar teknologi 4G,” kata Manager Telkomsel Balikpapan, Dian Prilieswaty, Senin (22/12/2014).

Dian memastikan penunjukan kota kota tersebut ini menjadi keputusan manajemen Telkomsel. Sementara ini, enam kota ini dipercaya sebagai ajang uji coba penggunaan teknologi 4G sebelum nantinya disebar kota kota lainnya.

Namun demikian, Manager Core and Power Performance Assurance Telkomsel Kalimantan, M. Yusuf Hidayat menyebutkan layanan data Telkomsel cukup mumpuni mencapai 42 MBPS. Kualitas ini bisa tercapai berkat tambahan 416 BTS dan upgrade teknologi.

“Kecepatannya di uji coba bisa mencapai 16 MBPS di Balikpapan. Teknologi 3G tapi kualitasnya 4G,” kilahnya.

Saat ini, Telkomsel juga tetap mengusulkan agar teknologi 4G segera direalisasikan di Kalimantan. Ada sejumlah kota menjadi pertimbangan seperti halnya Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda dan Pontianak yang mengalami pertumbuhan pengguna data secara signifikan.

“Pertumbuhan pengguna data dan voice di Kalimantan cukup signifikan untuk penerapan teknologi 4G. Kami tetap mengusulkan penerapan teknologi 4G terutama di Balikpapan dan Banjarmasin,” ujarnya.