TSK Korupsi Bandara PaserNewsBalikpapan –

Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menahan Pemimpin Redaksi Majalah Konstruksi, Sutrisno atas tudhan korupsi pembangunan bandaraKabupaten Paser senilai Rp 390 miliar. Tersangka ini juga merupakan pimpinan PT Lampire Relis KSO yang jadi pemenang tender proyek pembangunan yang merugikan Rp 39 miliar uang negara.

“Sudah kami tahan sejak hari ini,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim, Komisaris Besar Rosyanto Yudha Hermawan, Senin (18/1).

Perkembangan kasus ini, polisi sudah menahan seluruh tersangka proyek Bandara Paser yang totalnya sebanyak 4 tersangka. Sebelumnya, polisi sudah menahan tiga pejabat Paser yakni mantan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Saiful Arham dan Kepala Seksi Perhubungan Udara Kabupaten Paser, Leonardo Oktorane Suhendro pengawas proyek Sunardi .

Polisi berhak menahan tersangka selama 20 hari masa tahanan guna memperlancar proses penyidikan. Masa penahanan ini bisa diperpanjang selama 40 hari hingga berkasnya dilimpahkan pada kejaksaan.

“Sehingga targetnya masuk bulan Februari nanti berkasnya sudah diterima kejaksaan,” ujar Rosyanto.

Ada empat tersangka yang diduga terlibat dalam kasus korupsi pembangunan Bandara Kabupaten Paser senilai Rp 390 miliar. Polisi mendalami penyidikan kasus korupsi ini yang ditengarai menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 39 miliar.

“Berdasarkan hasil audit Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) Kaltim,” ungkap Rosyanto.

Polisi hingga kini masih terus mengembangkan penyidikan kasus bandara ini termasuk pengungkapan adanya tersangka baru perkaranya. Selain menjerat dengan Undang Undang Anti Korupsi, polisi juga mempergunakan pasal Undang Undang Pencucian Uang dalam upaya mengembalikan kerugian negara.

Polisi sudah lima bulan ini menangani kasus korupsi Bandara Padang Pangrapat Rantau Panjang Kabupaten Paser. Polisi menduga ada konspirasi pembangunan fiktif Bandara Kabupaten Paser yang proyeknya dimenangkan PT Lampire Relis KSO.

Pencarian Populer:

balikpapan kriminal, bandara kabupaten paser