Gerhana matahariNewsBalikpapan –

Ribuan warga Balikpapan Kalimantan Timur menjadi saksi gerhana matahari total di Pantai Kilang Mandiri. Berbekal perlengkapan seadanya, mereka menikmati fenomena alam yang terjadi puluhan tahun sekali ini.

“Saya baru pertama kali nonton gerhana matahari sehingga sekarang diusahakan datang,” kata Herman usia 31 tahun warga Balikpapan, Rabu (9/3).

Pegawai swasta Balikpapan ini bersama istrinya Rini memang akhirnya memaksakan diri menonton prosesi gerhana matahari total di Kilang Mandiri. Berbekal perlengkapan topeng las guna menyaksikan secara langsung terjadinya gerhana matahari total dari awal hingga akhir.

“Kami membawa sengaja membawa dua topeng las untuk menikmati gerhana matahari ini,” paparnya sambil terkekeh geli.

Pasangan pengantin baru ini kebetulan memang tidak memiliki kaca mata khusus gerhana matahari. Saat itu, Gramedia Balikpapan sebagai pemasok satu satu kaca mata gerhana sudah kehabisan stok saat berlangsungnya gerhana matahari.

“Barusan beli pulsa dan bonusnya adalah topeng las ini. Akhirnya kami pakai dari pada tidak ada,” ujarnya.

Herman mengaku ada sensasi tersendiri saat menonton gerhana matahari dari balik topeng tukang las ini. Mereka juga memperoleh gambar yang jelas saat awal gerhana matahari hingga hilang dari balik bayangan bulan.

“Lebih jelas nonton pakai topeng las ini dan lebih terjamin keamanannya,” tuturnya.

“Hanya harus bersiap ditertawakan orang lain saja,” imbuhnya.

Pemerintah Kota Balikpapan menggelar tonton bareng gerhana matahari total di Pantai Kilang Mandiri Pertamina. Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan  membagikan sebanyak 1 ribu kaca mata gerhana pada pengunjung.

Pantai Kilang Mandiri  ini menjadi salah satu destinasi untuk menikmati gerhana matahari total Balikpapan ini. Setidaknya terdapat 5 ribu warga Balikpapan bersama pejabat Kaltim lainnya yang berdesakan di lokasi pantai milik Pertamina ini.

Gerhana matahari total di Balikpapan terjadi di 01, 16, 53,2 lintang selatan dan 116, 48, 52,7 bujur timur. Fenomena alam ini terjadi di Balikpapan selama 1 menit 9 detik tepat pukul 08.33 Wita. Prosesnya  terjadi selama berurutan sejak pukul 07.23 Wita, 08.33 Wita, 08.33 Wita dan 09.53 Wita.

Gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.