Gerhana matahari total BalikpapanNewsBalikpapan –

Gerhana matahari total di Balikpapan Kalimantan Timur berlangsung hanya selama 1 menit 9 detik saja tepat pukul 08.33 Wita. Fenomena alam sekejab ini cukup memuaskan ribuan warga Balikpapan yang sejak dini hari sudah memadati pelataran Kilang Mandiri Pertamina Balikpapan, Rabu (9/3).

Prosesi gerhana matahari total di Balikpapan sudah mulai terlihat pukul 07.23 Wita. Seperti biasa terik sinar matahari khatulistiwa ini sudah cukup menyengat kulit setiap orang di Balikpapan.

Butuh waktu setidaknya 1 jam 10 menit hingga terjadinya gerhana matahari total tepat pukul 08.33 Wita. Saat itu, suhu Balikpapan yang tadinya panas terpanggang mendadak jadi sejuk tanpa ada hembusan terpaan angin.

Kota Balikpapan saat itu mendadak gelap gulita tanpa ada sinar matahari sama sekali. Hanya terdengar sorak sorai hingga takbir warga Balikpapan yang takjub akan keindahan alam langka ini.

Semenit setelahnya sinar matahari perlahan kembali menyinari Balikpapan. Suhu udara berangsur angsur kembali seperti semula, panas, sejuk dan akhirnya kembali panas lagi.

Gerhana matahari total ini disaksikan ribuan warga Balikpapan yang memadati Pantai Kilang Mandiri Pertamina. Mereka  berbekal peralatan seadanya menikmati fenomena alam yang terjadi puluhan tahun sekali ini.

“Saya baru pertama kali nonton gerhana matahari sehingga sekarang diusahakan datang,” kata Herman usia 31 tahun warga Balikpapan.

Pegawai swasta Balikpapan ini bersama istrinya Rini memang akhirnya memaksakan diri menonton prosesi gerhana matahari total di Kilang Mandiri. Berbekal perlengkapan topeng las guna menyaksikan secara langsung terjadinya gerhana matahari total dari awal hingga akhir.

Pasangan pengantin baru ini kebetulan memang tidak memiliki kaca mata khusus gerhana matahari. Saat itu, Gramedia Balikpapan sebagai pemasok satu satu kaca mata gerhana sudah kehabisan stok saat berlangsungnya gerhana matahari.

Pemerintah Kota Balikpapan menggelar tonton bareng gerhana matahari total di Pantai Kilang Mandiri Pertamina. Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan  membagikan sebanyak 1 ribu kaca mata gerhana pada pengunjung.

Pantai Kilang Mandiri  ini menjadi salah satu destinasi untuk menikmati gerhana matahari total Balikpapan ini. Setidaknya terdapat 5 ribu warga Balikpapan bersama pejabat Kaltim lainnya yang berdesakan di lokasi pantai milik Pertamina ini.

Gerhana matahari total di Balikpapan terjadi di 01, 16, 53,2 lintang selatan dan 116, 48, 52,7 bujur timur. Fenomena alam ini terjadi di Balikpapan selama 1 menit 9 detik tepat pukul 08.33 Wita. Prosesnya  terjadi selama berurutan sejak pukul 07.23 Wita, 08.33 Wita, 08.33 Wita dan 09.53 Wita.

Gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.