Gunung KeludNewsBalikpapan –

PT Angkasa Pura Balikpapan Kalimantan Timur membatalkan sebanyak 35 penerbangan ke seluruh bandara di Jawa. Pembatalan in disebabkan erupsi Gunung Kelud yang terjadi selama sepekan terakhir ini.

“Sebanyak 35 penerbangan yang dibatalkan,” kata Manager Air Duty Bandara Sepinggan Balikpapan Wendo Asrul Rose, Minggu  (16/2).

Bandara Sepinggan membuka lima rute penerbangan yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Kelud yaitu Surabaya, Yogjakarta, Solo, Malang dan Semarang. Rute ini melayani ribuan penumpang yang menuju kota di Jawa ini.

“Kalau untuk keberangkatan dan kedatangan ada sebanyak 70 kali penerbangan per hari. Penumpangnya ribuan orang,” paparnya.

Kondisi ini sudah berlangsung sejak erupsi Gunung Kelud terus menggeliat sejak tiga hari lalu. Ribuan penumpang di Bandara Sepinggan harus kecewa dengan pembatalan penerbangan ini.

“Kalau debu nya tebal begini bagaiaman mau turun pesawat,” ujarnya.

Masing masing maskapai diminta untuk mengganti seluruh biaya tiket terlanjur dibayar penumpang. Mereka juga diminta menjadwal ulang keberangkatan penumpang yang terlanjur dibatalkan.

“Ini kan ada bencana, sehingga teman-teman airline itu punya kebijakkan dua, yang satu (tiket) dikembalikan seharga uang full,” paparnya.

Dia menambahkan, kejadian ini merupakan yang pertama, hingga 70 penerbangan dibatalkan 10 ribu penumpang dari pulau Jawa ke Balikpapan maupun sebaliknya.