Ekspose Piala Adipura Penajam
15 November 2014
Ini Data Napi Kabur di Balikpapan
18 November 2014

Napi Narkoba Kabur Dari Lapas Balikpapan

Kalapas BalikpapanNewsBalikpapan –

Dua orang terpidana kasus narkoba kabur dari ruang sel isolasi Lembaga Pemasyarakatan Klas II Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (18/11/2014) pukul 03.00 Wita. Dua narapidana kambuhan ini yaitu Amiruddin alias Amir Aco dan Rustam Effendy yang meloloskan diri dengan menjebol platfoam atap serta melompati dinding tahanan setinggi 5 meter. “Lolos dari pengawasan penjagaan kami,” kata Kepala Lapas Balikpapan Edy Hardoyo pada wartawan.

Edy mengatakan Amiruddin merupakan penjahat kambuhan narkoba yang mendapatkan putusan hukuman hingga seumur hidup. Dirinya berulang kali memperoleh hukuman penjara kasus narkoba yang totalnya sudah tidak terhitung lagi.

“Kemungkinan dirinya akan mati dalam penjara bila melihat lamanya hukumannya,” paparnya.

Sehubungan itu, Edy mengaku memerintahkan penjaganya agar meningkatkan kewaspadaan pada prilaku Amiruddin ini. Pengawasan difokuskan guna mengawasi aktifitas narapidana ini dalam sel isolasinya.

“Namun ternyata dia kerjasama dengan kabur dari ruang sel Rustam ini. Mereka berdua berada dalam blok sel isolasi yang terdapat 6 sel yang masing masing dihuni narapidana,” paparnya.

Subuh dini hari, lanjut Edy kedua narapidana meloloskan diri dari platfoam atap sel Rustam menuju dinding belakang Lapas Balikpapan. Mereka menuruni dinding Lapas Balikpapan mempergunakan tali yang sudah dimodifikasi menjadi sebuah tangga darurat.

“Tali modifikasi tangga ini bermata jangkar dan dilempar dari luar Lapas Balikpapan. Artinya ada orang yang membantu pelarian kedua narapidana ini dari luar,” tuturnya. Lapas Balikpapan langsung melaporkan buronan narapidana ini pada Kepolisian setempat.

Mereka juga berkoordinasi dengan petugas Lapas seluruh Kalimantan guna memburu buronan narkoba ini.

“Identitas mereka juga kami serahkan pada Polres Bandara Soekarno – Hatta sebagai antisipasi saat keduanya melarikan diri ke Jakarta,” ujarnya.

1 Comment

  1. […] Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Kalimantan Timur meresmikan penggunaan Lembaga Pemasyarakatan Balikpapan sebagai Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Lapas Balikpapan nantinya juga difungsikan sebagai Lembaga […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *