Balikpapan Revisi Bea Izin Kerja Naker Asing
11 May 2014
Swasta Diminta Bantu Abate Warga
13 May 2014

Bandara Sepinggan Pasang Detektor MERS

Bandara Baru  Sepinggan 1NewsBalikpapan –
PT Angkasa Pura I Balikpapan Kalimantan Timur memasang thermal scanner atau alat deteksi temperatur suhu tubuh penumpang di terminal internasional Bandara Sepinggan. Pemasangan alat itu dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus middle east respiratory syndrome (MERS) ke Kalimantan Timur.

“Sudah dipasang alat untuk mendeteksi suhu badan. Apalagi kan bandara Sepinggan bandara Internasional, makanya dipasang,” ” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani, Senin (12/5).

Alat tersebut, dipasang di area kedatangan penumbang Bandara Sepinggan. Alat itu berfungsi apabila suhu badan melebihi batas normal, maka secara otomasti akan terdeteksi.

“Belum ada temuan penumpang positif MERS di Kaltim,” paparnya.

Otoritas Bandara Sepinggan juga sudah bersiaga mengantisipasi adanya penumpang terdeteksi positif virus MERS. Gejala virus MERS diantaranya lain flu, demam, dan batuk yang juga disertai dengan kesulitan bernafas.

Dyah menyebutkan penularannya biasanya melalui penularan langsung yakni melalui cairan penderita yang batuk atau bersin. Penularan tidak langsung melalui sentuhan benda-benda yang terkontiminasi virus. Termasuk kontak langsung dengan penderita.

Sehubungan itu, Dyah meminta agar masyarakat menghindarinya dengan mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik, mempraktikkan etika batuk dan bersin yang baik dengan menutup mulut dan hidung dengan tangan, menghindari kontak dengan orang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *