Telkomsel Raih Frost & Sullivan Best Practices Award
19 November 2019
Promosi Sektor Konstruksi Provinsi Jiangsu di Jakarta
21 November 2019

Saat Pegawai Pertamina Jadi Guru SD

NewsBalikpapan –

Kota Balikpapan Kalimantan Timur  (Kaltim) adalah lokasi  pengolahan minyak mentah kapasitas 260 ribu barrel. Ribuan pegawai perusahaan plat merah memproduksi minyak dan gas sekaligus pemasaran area Indonesia timur.

Kini ada yang suasana berbeda dilakukan Pertamina. Alih alih lifting migas –  74 pegawai Pertamina malah menjadi relawan pengajar empat SDN Balikpapan.

Bahkan diantara relawan ini terdapat General Manager PT Pertamina Unit Pengolahan V Balikpapan Mulyono.

“Kami sementara ini menjadi relawan pengajar, fasilitator, dan dokumentator di empat SD Balikpapan,” kata Mulyono saat ditemui usai membuka acara, Selasa (19/11/2019).

Program Pertama mengajar ini ternyata menjadi rangkaian perayaan HUT Pertamina ke 62. Perusahaan BUMN ini pun menyelenggarakan Pertamina Energi Negeri (PEN) ke 4 di SDN 006, SDN 016, SDN 017, dan SDN 003 Balikpapan.

Mulyono mengatakan, relawan pengajar merupakan pegawai Pertamina yang tersebar di operasi Kaltim. Bukan hanya pegawai Pertamina Balikpapan, cucu perusahaan pun turut serta;  PEP Aset V, PHKT, PHE Nunukan, dan Pertagas.

Pertamina sengaja memilih jenjang pendidikan dasar dalam aktualisasi pegawai. Jenjang sekolah ini dasar pengembangan aspek sikap, prilaku, hingga tindakan anak anak hingga dewasa.

“Kami sangat apresiatif kepada para relawan dan sekolah yang bersedia kami datangi,” ujar Mulyono.

Sehubungan itu pula, Pertamina menggelar program PEN di seluruh unit operasinya. Menurut Mulyono, pegawai Pertamina harus berperan mendidik generasi muda demi kemajuan bangsa di masa depan.

Sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap produk dalam negeri dan bangsa negaranya.

“Ada kriteria sekolah yang masuk program PEN seperti contohnya berada di lokasi kerja Pertamina, pra sejahtera, orang tua di sektor informal atau pun sekolah katagori sekolah di bawah standar nasional,” ujarnya.

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Heppy Wulansari menambahkan, Pertamina menyasar sekolah sekolah berbeda setiap tahun. Menurutnya, Pertamina pun terus berupaya meningkatkan partisipasinya dalam memajukan pendidikan Indonesia.

“Setiap tahun partisipasi dan respon sekolah juga meningkat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 003 Muara Rapak Ernawati mengapresiasi pegawai Pertamina meluangkan waktu mengajar murid muridnya. Para siswa juga terlihat bersemangat memperoleh ilmu berikut pengalaman baru dalam industri migas tanah air.

“Siswa siswa terlihat bersemangat menyimak materi disampaikan pegawai Pertamina,” ujarnya.

Materi dikemas menarik disesuaikan karakteristik siswa SD. Pertamina menyampaikan materi profesi, HSSE, literasi, hingga pendidikan karakter.

“Kejujuran, prestasi, percaya diri, berbagi, kreativitas, berpengetahuan serta materi ringan dan bermanfaat,” ungkapnya.

Pertamina turut mendistribusikan bantuan kepada pihak sekolah yang menjadi tempat terselenggaranya acara. Para siswa sekolah juga diundang turut berkompetisi Surat Untuk Pertamina yang bertemakan Pertamina Bagiku dan Negeriku.

Pertamina nantinya memilih tiga peserta terbaik memperebutkan tabungan masing masing Rp 10 juta. Kompetisi masih dibuka hingga 22  November 2019 nanti.

Para siswa SD diminta cita-cita di selembar kertas untuk kemudian mereka tempelkan di langit cita- citaku seperti wall of fame yang telah disediakan panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *