35 Anggota DPRD Balikpapan Test Narkoba Mendadak
21 May 2012
Seribu Izin Tambang, Hanya 4 Reklamasi
24 May 2012

Pengguna Narkoba di Kaltim Mencapai 74 ribu orang

Balikpapan - Pengguna narkoba di Kaltim cukup tinggi. Bahkan Kaltim kini menempati peringkat ketiga, setelah Jakarta dan Kepulauan Riau (Kepri) dalam hal prevelensi pengguna narkoba di Indonesia. Apalagi, letak Kaltim yang cukup strategis, sehingga diduga begitu mudah narkoba masuk Kaltim. “Pengguna narkoba di Kaltim sekarang 3,1 persen dari jumlah penduduk. Alasan lain karena ada temuan heroin 5,2 kilogram,” kata Deputy Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkoti Nasional BNN Brigjen (Purn) Pol. Aidy Rawas disela-sela melakukan test narkoba kepada anggota DPRD dan Muspida dan SKPD Kota Balikpapan, sore tadi.

Senada, Ketua Badan Narkotika Provinsi (BNP) Kaltim Sabar Sinaga menyebutkan saat ini pengguna narkoba di Kaltim sebanyak 74 ribu orang. “ Itu hasil penelitian BNN tahun 2011 yakni prevelensi pengguna narkoba 3,1 persen dari jumlah penduduk tahun 2010 yani 2,6 juta orang,” terangnya.

Menurutnya telah terjadi kenaikan pengguna narkoba yang luar biasa dari 1,9  persen di tahun 2008  yakni sekitar 6o ribu pengguna. Kenaikan tenyata ada pada kelas menengah ke atas untuk sabu-sabu yang menjadi favorit.

“Ada benang merah antara terjadi peningkatn jumlah narkoba dengan tingkat kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Sedangkan pencegahan yang dilakukan BNP Kaltim yakni dengan meningkatkan program-program pencegahan dan terapi rehabilitasi termasuk pemberdayaan khususnya sosialiasi narkoba.

“Yang terkena kita terapi rahabitasi, yang lain kita pakai cara memberikan imun atau kebal dari narkoba yakni melakukan pencegahan sosialiasi dan pemberdayaan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.