Balikpapan Akan Manfaatkan Air Bersih Dari Kukar
19 February 2012
Balikpapan Patuhi Putusan MK Soal Outsourcing
19 February 2012

Balikpapan Sosialisasi E-KTP Tingkat Kelurahan

Balikpapan – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyatakan akan mulai melakukan sosialisasi pada 1 hingga 27 Maret mendatang. Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) kota Balikpapan melakukan sosialisasi program E-KTP di tingkat kelurahan selama satu bulan penuh. Sosialisasi dilakukan dengan akan melibatkan seluruh elemen masyarakat diantaranya mengundang tokoh masyarakat setempat, LPM, pengurus RT. “Jadi satu hari satu kelurahan. Narasumbernya dari Disdukcapil dan pihak kelurahan,”kata Pranti Firdausi Kepala Bidang Pengolahan Data dan Dokumentasi Disdukcapil Kota Balikpapan.

Menurutnya waktu pelaksanaan sosialisasi ditentukan dari kesiapan masyarakat kelurahan dan kelurahan. Dijadwal bagi kelurahan yang berada jauh dari kota, pelaksanaan dilakukan pada siang hari. Sedangkan untuk kelurahan yang berada di kota dilakukan pada malam hari.

“Untuk kelurahan yang berada dikawasan timur dan utara seperti Tritip, Karang Joang itu dilakukan pada siang hari,” ucapnya.

Selain melakukan sosialisasi, Disdukcapil kata Pranti juga akan menggelar bimbingan teknis bagi operator perekaman . Perekam E-KTP yakni pengambilan sidik jari, iris mata, tandangatangan dan foto warga. Untuk tiap kelurahan minimal terdapat 4 petugas.

“Operator perekam itu berasal dua dari kecamatan dan dua lagi dari Disdukcapil,” katanya.

Pelaksanaan bimtek tambah Pranti, sangat bergantung pada kesiapan alat E-KTP yang hingga kini Disdukcapil masih menunggu. “ Kalau itu sudah datang kita langsung bimtek kepada operator perekaman data E-KTP, tapi sekang kan belum ada alat ya kita belum bisa gelar bimtek,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *