Suryanto

Suryanto

NewsBalikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur memperkirakan kas daerah nantinya mencapai Rp 2,2 triliun. Dana kas ini sama besarannya dengan APBD Balikpapan pada 2013 ini yang mencapai Rp 2,2 triliun.

“Proyeksinya tetap Rp 2,2 triliun seperti  tahun lalu,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Balikpapan, Suryanto, Kamis (14/11).

Suryanto mengatakan dana kas Balikpapan ini bisa meningkat saat digabungkan alokasi bantuan Pemprov Kaltim, dana alokasi khusus dan bantuan otonomi daerah. Alokasi peruntukannya sebesar Rp 1,4 triliun untuk belanja langsung dan sisanya sebesar Rp 800 miliar untk belanja tidak langsung.

Sedangkan pendapatan asli daerah (PAD) hingga kini masih ditargetkan sebesar Rp 427 miliar naik cukup tinggi dari target PAD 2013 sekitar Rp 329 miliar.  Kata dia, peningkatan infrastruktur pelayanan public tetap menjadi poin penting dalam A{BD 2014.

Disebutkannya, dalam APBD 2014 ada tiga proyek multiyears menyedot anggaran mencapai ratusan miliar yakni kelanjutan pembangunan stadion, Islamic center maupun rumah sakit umum daerah (RSUD) yang segera rampung.

Terkait pembangunan stadion, Suryanto  menjelaskan, masih membutuhkan dana sekitar Rp 600 juta dan seluruhnya Rp 1,1 triliun. Karenanya kemungkinan akan dianggarkan hingga tahun anggaran 2016 mendatang.