AJI BalikpapanNewsBalikpapan –

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan menggelar Konferensi Kota guna memilih struktur pengurus baru masa periode 2014 – 2017. Pengurus lama pasangan Ketua dan Sekretaris AJI Balikpapan yaitu SG Wibisono – Novi Abdi sudah mengakhiri masa kepengurusannya selama 2011 – 2014 lalu.

“Konferta merupakan agenda rutin per tiga tahun untuk memilih susunan pengurus baru di tingkat AJI Kota,” kata pimpinan sidang Konferta AJI Balikpapan, Rahmad Subianto, Rabu (24/12/2014).

Konferta secara aklamasi menunjuk susunan pengurus baru yaitu Novi Abdi dan Amir Syarifuddin selaku Ketua dan Sekretaris AJI Balikpapan periode 2014 – 2017. Pasangan pengurus ini terpilih saat para kandidat lain yaitu Yoyok, Defi Alamsyah dan Tri Widodo menolak untuk dicalonkan pada pemilihan ketua dan sekretaris AJI Balikpapan.

Para peserta Konferta AJI Balikpapan akhirnya secara resmi menyerahkan mandate kepengurusan organisasi profesi ini pada pasangan Novi Abdi – Amir Syarifuddin. Keduanya berjanji untuk meneruskan amanat perjuangan organisasi dalam menjaga kebebasan pers, professionalism, kesejahteraan jurnalis hingga pengembangan AJI Kota di Kalimantan.

“Kedepannya AJI Balikpapan harus lebih professional dalam melaksanakan program programnya,” ujar Novi.

Mantan Ketua AJI Balikpapan, SG Wibisono menilai pasangan ini adalah anggota terbaik dimiliki organisasi dalam pengembangan kedepan. Dia percaya pengurusan AJI Balikpapan nantinya akan lebih professional dalam menjawab berbagai tantangan zaman.

“Mereka berdua adalah sahabat terbaik saya dalam AJI Balikpapan. Saya percaya pengurusan keduanya akan mampu membawa AJI Balikpapan menuju kearah lebih baik,” paparnya.

Perwakilan AJI Indonesia, Eko Maryadi yang menyaksikan Konferta AJI Balikpapan menyatakan pengurus lama sudah melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. Meskipun usianya baru genap tiga tahun, menurutnya AJI Balikpapan mampu membuktikan kualitasnya sejajar dengan para senior sesama AJI Kota di Indonesia lainnya.

“Pengurus lama penilainnya adalah hijau. Penilaian ini dari sisi organisasi, program dan keanggotaan. Ini cukup mengejutkan mengingat AJI Balikpapan baru berusia tiga tahun sejak disahkan dalam Kongres Makassar,” tuturnya.

Sehubungan itu, Eko mengaku tidak heran saat AJI Balikpapan mampu menggelar Konferta dengan lancar dalam pemilihan pengurus baru. Dia hanya meminta agar pengurus baru terpilih ini mampu melanjutkan berbagai program sudah dirintis pengurus sebelumnya.

“Pesan saya, agar saudara Novi lebih memperhatikan penampilannya. Lebih rapi dan wangi,” candannya.

Konferta AJI Balikpapan dihadiri oleh para anggota  diantaranya Rahmad Subianto, SG Wibisono, Novi Abdi, Amir Syarifuddin, Defi Alamsyah, Yoyok, Poniran, Ferry Cahyanti, Arif, Tri Widodo dan Teddy Rumengan.