Smart City di IKN dengan Jaringan Listrik dan Layanan Teknologi Digital Unggul

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (kiri) bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan) saat memberikan keterangannya terkait pembangunan PLN Hub kepada para awak media di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu, (5/6/2024). Foto PLN

NewsBalikpapan – PT PLN (Persero) telah secara resmi meluncurkan PLN Hub sebagai pusat ekosistem transisi energi dan digitalisasi pertama dan terbesar di Indonesia. PLN, melalui subholdingnya PLN Icon Plus, telah mempersiapkan pengembangan jaringan telekomunikasi di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, menegaskan bahwa keberadaan PLN Hub akan mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan IKN, yang akan menjadi kontributor utama dalam mendukung pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) yang direncanakan oleh pemerintah di IKN.

“PLN Hub akan sangat membantu pengoperasian pusat data nasional di IKN, karena akan mencakup semua aspek kelistrikan di Nusantara, termasuk infrastruktur telekomunikasi dan infrastruktur digital,” ujar Budi Arie.

Budi Arie juga menekankan peran strategis PLN Hub dalam mendukung pengembangan jaringan telekomunikasi 5G sebagai bagian dari infrastruktur konektivitas digital di IKN.

“Pasokan listrik yang stabil dan andal dari PLN Hub akan memastikan jaringan 5G beroperasi secara optimal, memastikan konektivitas digital di IKN. PLN Icon Plus juga akan mendukung infrastruktur telekomunikasi,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah atas kepercayaan yang diberikan kepada PLN dalam pembangunan IKN.

“Kami bersyukur atas kepercayaan Bapak Presiden kepada kami untuk mewujudkan visi misi masa depan IKN yang modern dan berkelanjutan. Kami akan menerjemahkan visi ini ke dalam infrastruktur ketenagalistrikan dan mendukung pembangunan pusat data,” lanjut Darmawan.

Selain ketenagalistrikan, Darmawan menjelaskan bahwa PLN Hub juga akan menjadi pusat telekomunikasi. PLN Icon Plus akan mendukung pengembangan infrastruktur telekomunikasi dan digitalisasi di IKN.

“PLN Icon Plus bersama-sama membangun infrastruktur fiber optik untuk telekomunikasi di IKN, sebagai bagian terintegrasi dari infrastruktur ketenagalistrikan,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa konsep pembangunan PLN Hub adalah “Hijau, Cerdas, dan Indah”, dengan melibatkan arsitek terbaik Indonesia.

“Kami membangun PLN Hub yang berintegrasi dengan alam dan akan menjadi pusat riset, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN serta transisi energi di Indonesia,” tambah Darmawan.

Selaras dengan visi tersebut, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan komitmennya untuk mendukung pembangunan ketenagalistrikan berkelanjutan di IKN.

“PLN Icon Plus akan menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur paling mutakhir dan modern, menciptakan lingkungan yang modern, efisien, dan hijau di IKN,” ujar Ari.

Infrastruktur telekomunikasi digital dan jalur fiber optik yang dibangun akan mendukung konektivitas digital di IKN, memastikan kawasan tersebut terkoneksi secara digital. PLN Hub akan berperan sebagai pusat pengendali sistem ketenagalistrikan dan pusat data digital yang beroperasi dengan keandalan yang sangat tinggi.

Selain itu, Otorita IKN telah memberikan hak perlintasan jaringan fiber optik kepada PLN Icon Plus, memungkinkan penyediaan layanan broadband dan konektivitas ke pusat data di IKN. Dengan ini, PLN Icon Plus berkomitmen untuk menyediakan dan mengelola sistem telekomunikasi digital dan jalur fiber optik untuk memastikan konektivitas digital di IKN.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *