Di Balikpapan, Dubes Amerika Bahas Lingkungan
13 February 2013
Awang Gandeng Mantan KASAU Demi Kaltim Air
13 February 2013

Pulau Sebatik Maskot Perbatasan Kalimantan

Sebatik-Indonesia

Sebatik-Indonesia

Balikpapan –

Provinsi Kalimantan Timur mempercepat pemekaran Kecamatan Sebatik Nunukan jadi daerah kotamadya perbatasan dengan Malaysia. Kedepannya, Sebatik bisa jadi mascot kawasan perbatasan menyusul terbentuknya provinsi pemekaran Kalimantan Utara.

“Sekarang kita sedang menyelesaikan dan mengejar Sebatik jadi kota perbatasan,” kata anggota Komisi I DPRD Kaltim Gunawarman, Selasa (5/2).

Gunawarman mengatakan Sebatik punya potensi tinggi jadi pusat pertumbuhan ekonomi provinsi Kaltara.  Karena akses jalur transportasinya sangat dekat dengan Negara tetangga Malaysia.

“Karena kalau itu bisa dikembangkan (dimekarkan), nanti Sebatik akan menjadi salah satu pusat salah satu perkembangan ekonomi di Kaltara, tentu sudah sangat akan maju, bahkan bisa lebih maju dari Nunukan,” terangnya.

Saat ini kata Gunawarman, pemekaran Sebatik jadi Kota Perbatasan sedang dalam proses. Karena banyak berkas yang harus diselesaikan.

“Sekarang lagi proses, karena melengkapinya kan itu banyak sekali berkas sebagai persyaratan pemekaran,” ucapnya.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Kota Perbatasan diantaranya, harus ada Surat Keputusan (SK)Persetujuan pelepasan Sebatik dari Kabupaten Nunukan. Kemudian kata Gunawarman, pelepasan aset daerah.

“Pertama kan harus dari Kabupatennya sendiri, harus ada SK Bupati pelepasan, kemudian pelepasan aset oleh bupati kemudian SK DPRD (Nunukan) masih banyak prosesnya,” imbuhnya.

Sejauh ini lanjutnya, sedang diproses karena sudah dibahas di DPRD Nunukan. Setelah itukemudian  dibawa ke DPRD Kaltim. “Sudah dimulai Ini sekarang yang kami lihat sudah sampai di DPRD Nunukan , kalau SK nya kaeluar akan di bawa ke DPRD Provinsi (Kaltim),” tuturnya.

Diakuinya, Sebatik sangat layak jadi Kota Perbatasan, karena letaknya yang strategis berbatasan langsung dengan Malaysia. “Kenapa Sebatik dijadikan Kota Perbatasan? ini karena wilayahnya yang bedekatan langsung dengan Malaysia,” ujarnya.

Disamping itu kata Gunawarman, sebagai daerah perbatasan, sector keamanan menjadi salah satu unsur terpenting. “ Ini kan perlu sector keamanan yang lebih baik karena nanati ada Polres dan Dandim senidri tidak perlu bergantung dari induk (nunukan), itu dari segi keamanan,” ucapnya

Selain itu, dinamika pertumbuhan di Sebatik akan jauh lebih dinamis ketimbang di Kabupaten Nunukan, jika disetujui menjadi Kota Perbatasan. Dia mencontohkan Kota Batam, yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

“Kalau dia (Sebatik) dibikin jadi mandiri, dia akan menjadi seperti Batam yang punya akses bebas perdagangan dengan negera tetangga, itu akan membuat lebih maju, karenanya kita sangat mendukung,” bebernya.

DPRD Kaltim menargetkan, tahun ini usulan Sebatik menjadi Kota Perbatasan sudah disampaikan ke DPR RI. “Kita dari DPRD menargetkan tahun ini sudah bisa diusulkan ke DPR RI untuk segera dibahas, sehingga realisasinya bisa tercapai,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *