Pemdes Karang Tunggal Fokus Bangun SDM dan Ketahanan Pangan

Kades Karang Tunggal, Sholimin (Istimewa)

NewsKukar – Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Tunggal, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketahanan pangan dengan memaksimalkan potensi di sektor pertanian.

“Untuk infrastruktur fisik, kami bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) atau Pemerintah Pusat. Namun, untuk SDM dan ketahanan pangan, kami yang berinteraksi langsung dengan masyarakat harus lebih memahami apa yang dibutuhkan,” terang Kepala Desa Karang Tunggal Sholimin, Sabtu (8/6/2024).

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Istimewa)

Sholimin mengatakan, bahwa dua sektor ini menjadi fokus utama dalam persiapan menyongsong perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa perkembangan teknologi yang pesat memerlukan peningkatan pengetahuan masyarakat. Sholimin tidak ingin desanya tertinggal dalam hal ini karena perkembangan desa akan terhambat jika tidak disertai SDM yang mumpuni.

“Ketika IKN resmi dipindah, kami harus siap dari segi SDM dan ketahanan pangan,” tambahnya.

Desa Karang Tunggal memiliki lahan persawahan sekitar 300 hektar. Namun, baru 70 persen lahan tersebut digarap secara produktif oleh masyarakat. Untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, Sholimin mengaku pihaknya terus mendorong masyarakat agar mengelola lahan pertanian mereka.

“Produksi padi di wilayah kami bisa mencapai 5-6 ton per hektar. Kami terus mendorong agar mencapai hasil maksimal,” tutupnya. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *