Persiba Curi Poin di Tanah Papua
18 May 2012
35 Anggota DPRD Balikpapan Test Narkoba Mendadak
21 May 2012

Pasar Klandasan Terbakar , 298 Kios Ikut Ludes

Balikpapan - Kebakaran besar melanda kompleks Pasar Blauran Klandasan, Balikpapan. Hanya dalam waktus ekitar dua jam, si jago merah menghanguskan 292 lapak dan kios yang mayoritas berukuran 2 x 3 meter termasuk sebuah Mushola Al Ikhwan. Keterangan sejumlah warga menyebutkan api mulai membakar lapak permanen pada pukul 04.45 Wita. “ Api berasal dari lantai II Blok DD bagian belakang menghadap laut,” ujar Sabir (40) warga sekitar.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kebakaran (BPBK) Balikpapan Abdul Aziz saat dikonfirmasi. “Yang dibagian lantai II menghadap laut tapi belum diketahui penyebabnya apa dan nama lapak apa kita belum tahu,” ujarnya disela-sela pemadaman.

Sedikitnya 20 unit pemadaman diturukan baik dari BPBK, Chevron, Total, Pertamina. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 08.30 Wita atau sekitar tiga jam lebih. Pihak pemadaman mengalami kesulitan karena bentuk bangunan yang tertutup.

Sehingga petugas melakukan pemadaman melalui trails yang terbakar serta jendala kaca.  “Memang bangunan tertutup jadi menyulitkan kita melakukan pemadaman. Ditambah lagi angin laut yang cukup kencang  ditambah lagi bahan terbakar banyak pakaian dan sepatu,” katanya.

Kompleks pasar Blauran Klandasan  berada di jalan Sudirman dekat pinggir laut. di lantai I bagian luar dihuni pedagang handphone, sedangkan bagian dalam banyak menjual sepatu, tas termasuk pakaian. Sedangkan lantai II banyak dihuni oleh pedagang pakaian.

Beruntung api dapat dilokasir oleh petugas sehingga tidak merembet ke blok A-C yang juga banyak dihuni oleh pedagang/counter  HP, Pakaian, pedagang emas.” Itu sudah kita lokasiri api, memang ada satu mushola habis terbakar di lantai II yang pas berbatasan dengan blok sebelahnya,” terangnya.

Salah satu Padagang HP AA Cell mengaku berhasil menyelamat puluhan HP di counter yang terbakar. Padahal pada hari biasanya puluhan HP disimpan di Brankas. “ Tapi karena akhir pecan saya taruh di meja kaca. Ini mejanya saya angkat bersama kawan padahal api sudah berada diatas kepala saya (lantai II),” terang Aa (35) yang diberitahu kawanya toko terbakar sekitar pukul 05.00 pagi.

Dari usahanya di kompleks Klandasan ini, AA mengaku tiap harinya memiliki omzet penjualan hingga Rp10 juta. “ Kalau sepi sekitar Rp5 juta, kalau rame sekitar Rp10 jutaan. Dari kejadian ini ya kita pasrah saja. Yang terbakar di toko kasing dan aksesoris. Mungkin nilainya sekitar Rp35 juta,” ungkap Aa yang juga memiliki counter HP lainya di Blok A dan kawasan Pasar Baru.

Dari pantauan sejak pagi, pemilik kios yang terbakar terutama pakaian banyak yang tidak terselamatkan karena api cepat menghanguskan bangunan di lantai II yang kemudian menjalar ke lantai I.

Sementara pemilik counter HP banyak berhasil menyelamatkan barang dagangannya. Kejadian membuat ribuan masyarakat Balikpapan berdatangan untuk menyaksikan kejadian dipagi hari ini.

Sedangkan pedagang yang menempati kios/lapak di blok A-C melakukan evakuasi barang dagangan sebagai antisipasi jika api merembet ke kiosnya. Akibatnya lokasi sekitar kompleks dipenuhi barang-barang dagangan yang diselamat para pedagang.

Walikota Rizal Effendi yang melakukan pemantauan proses pemadaman api, belum dapat berkomentar banyak. “ Belum kita masih tunggu pendataan. Mungkin nanti akan kita lakukan perbaikan,”ujarnya (20/5).

Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran. Sabar mengaku dikabari kejadian ini saat menonton final Champion. “ Sekitar jam limaan kita dikabari ada kebakaran,” katanya.

Polres rencananya akan melakukan olah TKP di lokasi dengan mendatangkan tim Labfor dari Surabaya. “Nanti kita lakukan penelitian penyebabnya,”tambahnya. Untuk memperlancarkan tugas pemadam, polisi menutup jalan Jendaral Sudirman ke arah Pasar Blauran, Klandasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.