F1 Powerboat Digelar di Danau Toba, PLN Pasok dengan Energi Bersih

NewsBalikpapan – Kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H20) tahun 2024 akan diselenggarakan pada 2-3 Maret 2024 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara. Dalam mendukung green sport tourism, PT PLN (Persero) akan memasok kebutuhan listrik perhelatan ini dengan sumber listrik ramah lingkungan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan bahwa menjadi tuan rumah perhelatan F1 Powerboat untuk kedua kalinya adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia. Dengan digelarnya event ini di Danau Toba, Luhut menyatakan bahwa kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membawa Danau Toba dan Indonesia bersinar di mata dunia.

“Kita harus bekerja sama secara solid untuk menjadikan acara F1 Powerboat ini sukses. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terutama BUMN seperti PLN yang turut mendukung kelancaran perhelatan ini,” kata Luhut dalam konferensi pers, Rabu (7/2/2024).

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, juga menyoroti sinergi antara BUMN dalam mendukung suksesnya acara kelas internasional ini. PLN, sebagai salah satu pelaku utama, akan menyediakan listrik terbaik untuk mendukung penyelenggaraan event internasional ini.

“Melalui kolaborasi dan kerja sama, kita dapat menjadi penyelenggara terbaik. Danau Toba akan dikenal secara internasional dan ini adalah hasil dari dukungan seluruh BUMN, termasuk PLN yang telah menyediakan pasokan listrik secara optimal,” ujar Tiko.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa PLN berkomitmen penuh mendukung semua ajang internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Dengan pengalaman dalam menyukseskan berbagai event internasional, PLN siap memastikan pasokan listrik yang handal mulai dari lokasi event hingga fasilitas pendukungnya.

“Ajang internasional adalah wajah Indonesia di mata dunia. Oleh karena itu, kami siap untuk menjamin kelistrikan di lokasi event F1 Powerboat, termasuk fasilitas pendukungnya,” ungkap Darmawan.

Darmawan optimis bahwa F1 Powerboat tahun 2024 akan berjalan sukses seperti tahun sebelumnya, dengan partisipasi 20 pembalap dari 12 negara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, listrik untuk event ini akan dipasok dari pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), termasuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Hutaraja kapasitas 2×2,5 megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang 2 dengan kapasitas 2×5 MW.

Tidak hanya itu, event ini juga diharapkan dapat mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama Indonesia ke mancanegara, sekaligus meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba.

“Kesuksesan pelaksanaan F1 Powerboat tahun lalu menjadi modal bagi kami untuk menyukseskan F1 Powerboat 2024 ini dengan memastikan persiapan kelistrikan yang matang,” ujar Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, Saleh Siswanto, menyatakan bahwa infrastruktur kelistrikan untuk event F1 Powerboat 2024 telah siap. Mulai dari venue utama, penginapan bagi pembalap dan pengunjung, hingga berbagai lokasi strategis lainnya, PLN telah memastikan jalur distribusi listrik dalam kondisi prima.

PLN juga akan melakukan apel siaga dan simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi event untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar.

“Kami akan menerapkan pengamanan yang ketat selama event berlangsung dan melakukan apel siaga untuk memastikan semua sistem kelistrikan siap pada minggu ketiga bulan Februari 2024,” kata Saleh.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *