Pedagang Pasar Inpres Tolak Pembangunan Mall
19 April 2012
BMPD akan Kampanyekan Gerakan Anti Penipuan
21 April 2012

Disetujui Kemendikbud, Tahun Ini ITK Penerimaan Mahasiswa Baru

Balikpapan – Kementerian Pendidikkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyetujui penerimaan mahasiswa baru Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) pada tahun ini.  Nantinya penerimaan mahasiswa melalui system kerjasama dengan Intitut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya. “Sudah disepakati, tahun ini buka pendafataran di ITS. Targetnya tahap I ini 100 siswa. Nanti dititipkan di ITS.,” ungkap Gubernur Awang Faroek didampingi Kabag Humas Balikpapan Aji Sofyan,di ruang VIP, Kamis (20/4) semalam.

Pertemuan di Jakarta dihadiri Wakil Menteri  Yusliar Rasyid, Rektor ITS Priyogi, Rektor Intitut Seni Indonesia Jogyakarta, staf ahli gubernur prof dwi Nugroho, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Kepala Bappeda Suryanto, Asisten II Balikpapan Sri Sutantinah, Asisten II Kukar dan Kepala Bappeda Kukar.

“Ini sudah disepakati nantinya akan disusul oleh keputusan menteri soal hasil kesepatan untuk penerimaan mahasiswa ITK tahun ini,” kata Awang Faroek.

ITS sebagai lembaga yang mempersiapkan kelahiran ITK ditunjuk oleh Kemendikbud untuk menjadi kampus yang akan dititipkan bagi mahasiswa tahun pertama I ITK.

“Memang kita titipkan karena beda kalau Institut inikan sejak tingkat pertama ada laboraoriumnya. ITS dinilai memiliki dosen dan infrstruktur yang diperlukan bagi ITK pada tahun pertama ini,” sambung Awang.

Untuk tahap awal adan 3-4 program studi seperti program studi teknik Kimia, Mesin dan Industri. “ Prodi itu yang saya harapkan dibuka untuk tahun pertama. Tapi ini akan dikaji lagi, ya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Kalimantan,” tandasnya.

Dengan pembukaan in menurut Gubernur  akan menjadi peluang terbaik bagi putra-putri  Kalimantan untuk menggunakan kesempatan ini. “ Karena itu sosialiasasinya akan dibantu provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya.

Untuk fisik telah dialokasikanpusat sebesar Rp50 miliar dan diusahkan tahun ini APBN alokasikan kembali anggaran fisiknya sebesar Rp30 M.  “ Tahun II diharapkan sudah buka di Balikpapan, kita sudah siapkan tanahnya 200 hektara. Nanti kita hibahkan 300 hektar,” sebutnya.

Sementara untuk Intitut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) juga akan mulai beroperasi pada tahun ini. “ Sama pembukaan mahasiswa tahun ini 100 orang. Nanti dititipkan perkuliahan di ISI JOgya dan Unmum fakultas Sastra dan Budaya,” kata Awang.

Untuk ISBI, fakultas yang akan dibuka pada tahun I ini yakni seni tara, Vokal dan Teather.

Saol dana ISBI, Awang mengaku belum tahu besaran anggaranya namun dipastikan telah siap lahan seluas 100 hektar di Tenggarong Seberang.

“ Berdekatan dengan Unikarta dan SMA Unggulan, lokasi disitu,” tambah Awang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *