Disbun Kukar Giat Mendorong Bantuan untuk Pengembangan Sektor Perkebunan

Ilustrasi penyerahan bantuan saran perkebuna di Kukar (Istimewa)

NewsKukar  – Sektor perkebunan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dianggap memiliki potensi yang menjanjikan. Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar telah menyiapkan program bantuan sarana dan prasarana khususnya bagi kelompok tani.

Ragam program bantuan yang telah disiapkan ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan produktivitas sektor perkebunan yang potensial, seperti kelapa sawit, kelapa, karet, dan kopi. Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar, Muhammad Taufik melalui Kepala Bidang Produksi, Subagio, menjelaskan bahwa program penyaluran bantuan tersebut telah dijalankan sejak tahun 2019.

“Tahun ini, kita memiliki program sarana yang meliputi pengembangan perkebunan, seperti bantuan bibit, pupuk, herbisida, serta peralatan panen, perawatan, dan pemeliharaan. Salah satu bantuan yang diberikan adalah mesin pemotong rumput,” ungkap Subagio pada Kamis (25/4/24).

Ia menambahkan bahwa terdapat berbagai bantuan untuk petani perkebunan. Misalnya, untuk perkebunan kelapa sawit, terdapat bantuan alat panen seperti artco, dodos, serta satu paket peralatan lainnya. Sementara itu, untuk perkebunan karet, bantuan yang diberikan lebih lengkap, termasuk loyang cetak, mangkok sadap, pisau sadap, talang sadap, cincin, dan larutan pengental karet.

“Selain itu, untuk perkebunan kopi, kami juga memberikan bantuan untuk pengolahan kopi, seperti alat pengering, pengupas, pembubuk, dan penggoreng biji kopi,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa bantuan untuk sektor kopi hanya diberikan kepada tiga sentra di Kukar, yaitu Desa Prangat Baru dengan kopi luwak, Kopi Jinggo di Desa Jonggon Jaya, dan Kohiman (Kopi Hitam Muara Kaman) di Desa Cipari Makmur. Bantuan pengolahan kopi sudah diberikan di Desa Jonggon.

Selain itu, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa sarana pembibitan kelapa sawit di Kembang Janggut. Disbun Kukar membantu agar petani dapat dengan mudah memperoleh bibit unggul bersertifikat khususnya untuk kelapa sawit.

Subagio menegaskan bahwa bantuan ini ditujukan untuk kelompok tani di Kukar dan merupakan usulan dari mereka yang membutuhkan peralatan, pupuk, bibit, dan alat panen.

“Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh para kelompok tani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan. Dengan peningkatan ini, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani,” tutupnya. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *