SPBU Dalam Kota Dilarang Jual Solar Subsidi
8 March 2012
PKL di Balikpapan Akan Diatur Dalam Perda
10 March 2012

Sistem Online Untuk Pengukuran Tanah

Balikpapan – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) kini tengah mengintegrasikan pengukuran bidang tanah termasuk  pengukuran lahan Ijin memanfaatan tanah negara (IMTN) dari system manual ke sistem online dengan perangkat software JRS.  System  ini menggunakan titik kordinat sehingga secara administrative akan lebih mudah dalam pengaturan bidang tanah. Pasalnya selama ini pengukuran IMTN A, B dan C masih manual. Sehingga kalau mau mengukur overleva juga masih susah.

“Nanti pakai system JRS ada titik kordinatnya , jadi kalau buka peta mau lihat dan mau memasukan  IMTN lain  itu gampang melihatnya.  Terus  kalau numpuk dengan IMTN lain  itu kelihatan  dan  ini ngak bisa,” jelas Kabag Perkotaan Pemkot Balikpapan Yos Mianto.

Saat ini penggunaan software JRS untuk IMTN  tengah proses lelang, dipastikan system baru ini akan mulai siap pada pertengahan tahun ini. “Lelang software ini selama 1,5-2 bulan, kemudian tiga bulan masa persiapan untuk operasional. Ya mungkin 5-6 bulan kedepan pengukuran bidang tanah dengan system baru ini sudah siap,” ujarnya

Dengan system baru ini untuk lebih memudahan pengontrolan, dan tertib administrasi sehingga tidak terjadi overlapping satu dengan yang lainya.

“ Jadi nanti kita input data IMTN kan ada software, ada konsultan  yang memasuk data IMTN yang sudah terbit di Balikpapan ke software. Kalau ada IMTN mau terbit lagi ada tanda merah. Sekarang ini sudah dicocokan dengan BPN. System  supaya tidak overlap  IMTN dengan sertifikat  begitupula antara IMTN dengan IMTN  lain juga supaya tidak overlave,” papar Yos tanpa menyebut jumlah IMTN di Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *