BMPD akan Kampanyekan Gerakan Anti Penipuan
21 April 2012
Persiba Balikpapan Pecundangi PSPS Pekanbaru 4-1
21 April 2012

7 Kasus Penipuan Terjadi Selama UN di Balikpapan

Balikpapan - Modus penipuan melalui SMS atau Ponsel makin beragam. Mulai dari info kecelakaan, info hp murah,dan tiket murah. Bahkan  jaringan penipu ini juga memanfaatkan moment  ujian Nasional  (UN). Kordinator Working Grup  Perbankan Mu’in Fikri mengatakan  berdasarkan laporan yang diterimanya terdapat tujuh laporan upaya penipuan kepada nasabah perbankan. 

Moment UN dimanfaatkan oleh jaringan penipu dengan berpura-pura mengabarkan bahwa anak dari target penipuan mengalami kecelakaan. Sementara HP siswa yang bersangkutan selama UN berlangsung dalam kondisi off.

“Jadi moment UN ini digunakan oleh penipu kepada  warga masyarakat yang menjadi targetnya. Dari catatn yang kita terima ada 7, kemarin ada 1dan kemarin lagi laporan 1 sebelumnya ada 2 laporan,” ujar Mu’in.

Beruntung dari 7 laporan korban penipuan yang masuk di working Grup Perbankan, tidak ada yang menjadi korban penipuan  yang menyetorkan uangnya kepada jaringan penipu.

“Nasabah  yang terkena penipuan itu datang ke bank dengan tergopoh-gopoh bahkan menangis untuk mengambil uang di teller. Kita langsung menanyakan prihal kejadian kepada nasabah dan setelah melakukan penelusuran ternyata itu benar penipuan,” terang Mu’in.

Karena itu Ia menghimbau kepada masyarakat/nasabah untuk lebih berhati-hati dan tidak mudah pecaya terhadap SMS/telpon yang mengabarkan soal kondisi keluarga kita, atau tawaran hadiah yang menarik atau tawaran paket-paket murah.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti besaran dana kerugian yang dialami nasabah dari aksi serangkain penipuan yang dilakukan selama ini. “ Itu perkasus yang tahu pasti aparat kepolisian. Karena mereka juga melaporkan kasusnya. Kita lebih pada pencegahan penipuan kepada nasabah,” tandasnya. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.