344 Pedagang Pasar Tangga Arung akan Dipindah ke Pasar Gerbang Raja Mangkurawang

Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah (Istimewa)

NewsKukar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus mempercepat proses pembangunan Pasar Tangga Arung yang sedang direvitalisasi. Untuk memastikan rencana tersebut berjalan lancar, relokasi pedagang tahap kedua akan segera dilakukan.

“Relokasi ini bersifat darurat dan sementara karena Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengejar target. Oleh karena itu, kami siapkan lokasi di Mangkurawang,” ujarnya pada Selasa (4/6/2024).

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Istimewa)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Sayid Fathullah, menyatakan bahwa sekitar 344 pedagang akan dipindahkan ke Pasar Gerbang Raja Mangkurawang.

Sayid menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi secara intens dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan forum pedagang pasar. Koordinasi ini dilakukan untuk memantau progres pembangunan serta memahami kebutuhan dan keinginan pedagang agar tidak terjadi miskomunikasi.

Ia juga menegaskan bahwa Pemkab Kukar berkomitmen penuh mengawal proses relokasi ini. Disperindag diberi tanggung jawab untuk menyiapkan data pedagang dan lokasi pasar sementara.

“Saat ini, kami mulai mempersiapkan Pasar Gerbang Raja Mangkurawang sebagai lokasi sementara bagi pedagang secara bertahap,” tambahnya.

Sayid menerangkan bahwa pemilihan Pasar Gerbang Raja Mangkurawang sebagai lokasi relokasi tahap kedua ini bertujuan untuk menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pemerintah hanya perlu menambah fasilitas dan sarana prasarana pendukung, sementara Disperindag menyiapkan zonasi dan undian untuk para pedagang.

“Sekarang tinggal menunggu infrastruktur pendukung dari dinas PU. Supaya keamanan dan kenyamanan pedagang serta masyarakat terjamin. Kami targetkan tanggal 5 atau 6 Juni semua pedagang sudah pindah,” tutup Sayid. (Adv)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *