Penyandang cacat Balikpapan

Penyandang cacat Balikpapan

Balikpapan –

Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur memastikan pembangunan rumah sakit keluarga miskin sudah mampu direalisasikan pada bulan Juni 2014 mendatang. Kontraktor tinggal menyelesaikan finishing akhir pembangunan fisik rumah sakit gakin Balikpapan.

“Ada beberapa pekerjaan lain yang dilanjutkan, ada design interior, ada finishing gitu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Dyah Muryani, Senin (3/6).

Dyah mengatakan rumah sakit ini rencananya sudah beroperasi pada pertengahan tahun 2014 mendatang. Pemkot Balikpapan sudah mempersiapkan pengadaan peralatan medis hingga tenaga ahli dokternya.

Saat ini Dinas Kesehatan Kota Balikpapan sedang menyusun masterplan tenaga ahli rumah sakit gakin ini. Sehingga nantinya bisa diperkirakan jumlah keseluruhan tenaga medis seperti  perawat, bidan, dokter umum hingga spesialis.

“Ada perusahaan yang membuat masterplan untuk tenaga rumah sakit dan kemudian dilelang,” ujarnya.

Pemkot Balikpapan menargetkan fisik rumah sakit Balikpapan ini selesai pada April 2013 lalu. Namun penyelesaian terpaksa molor akibat longsor di sejumlah area bangunan rumah sakit.

Pembebasan tanah juga menjadi sebab tertundanya penyelesaian pembangunnan gedung RSUD.  Berapa warga menolak melepas tanahnya sesuai harga ditawarkan pemda.

Rumah sakit gakin ini punya kapasitas 248 tempat tidur untuk kalangan warga miskin. Pembangunannya menelan anggaran Rp 78 miliar di atas lahan seluas 1,2 hektare.